Penerbangan Umrah di Bandara Kertajati Kembali Dibuka Hari Ini

Sebanyak 224 jemaah umrah diberangkatkan hari ini

Jakarta, IDN Times - Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, kembali melayani penerbangan umrah ke Tanah Suci mulai Minggu (20/11/2022).

Dibukanya Bandara Kertajati untuk jemaah umrah, diharapkan memudahkan jemaah asal Jawa Barat berangkat beribadah ke Tanah Suci, setelah sempat dihentikan beberapa bulan dampak pandemik.

Sebelumnya, penerbangan umrah pernah dioperasikan dari Bandara Kertajati pada 2018 dan 2020.

Baca Juga: Bandara Kertajati Buka 4 Penerbangan Umrah Bulan Depan

1. Memudahkan jemaah umrah asal Jawa Barat berangkat ke Tanah Suci

Penerbangan Umrah di Bandara Kertajati Kembali Dibuka Hari IniBandara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB). (IDN Times/Debbie Sutrisno)

President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, mengatakan dibukanya Bandara Kertajati bertujuan untuk mendukung kemudahan jemaah umrah asal Jawa Barat berangkat ke Tanah Suci.

“AP II berharap jemaah umrah asal Jawa Barat dapat merasa lebih nyaman dan lebih dekat melalui Bandara Kertajati, untuk berangkat ke Tanah Suci. Seluruh aspek di Bandara Kertajati sudah dipersiapkan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah umrah,” kata Awaluddin dilansir ANTARA, Minggu.

Awaluddin menjelaskan dibukanya penerbangan umrah di Bandara Kertajati berkat dukungan penuh Kementerian Perhubungan, dan sinergi seluruh pemangku kepentingan.

Adapun penerbangan Garuda Indonesia untuk jemaah umrah pada hari ini, menggunakan pesawat Airbus A330 dengan nomor penerbangan GA 902.

2. Mengurangi lalu lintas penerbangan di Bandara Soetta

Penerbangan Umrah di Bandara Kertajati Kembali Dibuka Hari IniIlustrasi Bandara Soetta (IDN Times/Lia Hutasoit)

Director of Operation AP II, Muhamad Wasid, menuturkan dibukanya penerbangan umrah di Bandara Kertajati juga untuk mendukung Bandara Soekarno-Hatta.

Sebab, kata Wasid, lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta sekarang ini meningkat, termasuk penerbangan umrah yang mengalami peningkatan signifikan.

Dengan dibukanya penerbangan umrah di Bandara Kertajati untuk melayani jemaah asal Jawa Barat, maka akan membantu operasional Bandara Soekarno-Hatta.

"Ini sejalan dengan konsep multi-airport system yang dijalankan AP II, di mana satu bandara dengan bandara lainnya saling mendukung dalam hal operasional dan pelayanan,” ujar Wasid.

Baca Juga: Kargo di Bandara Kertajati Tumbuh Melesat Tahun Ini

3. Sebanyak 224 jemaah umrah diberangkatkan ke Tanah Suci hari ini

Penerbangan Umrah di Bandara Kertajati Kembali Dibuka Hari IniIlustrasi - Jemaah umrah yang kembali melaksanakan Umrah Perdana di Makkah dalam Pandemik COVID-19 (Dok. KJRI Jeddah/Fauzy Chusny)

Sementara, Direktur Operasi Garuda Indonesia, Tumpal Manumpak Hutapea, menambahkan penerbangan langsung Bandara Kertajati-Jeddah diharapkan dapat menjadi solusi perjalanan yang optimal, sehingga dapat meningkatkan antusiasme masyarakat Jawa Barat dalam merencanakan perjalanan ibadah.

“Penerbangan langsung Bandara Kertajati-Jeddah yang terkoneksi dengan penerbangan Jakarta-Jeddah ini mengangkut kurang lebih 224 jemaah, yang berangkat dari Bandara Kertajati pukul 13.45 WIB,” kata Tumpal.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya