Pengunjung Ancol Diimbau Pakai Kendaraan Umum saat Malam Tahun Baru

Pengunjung juga diimbau membeli tiket secara online

Jakarta, IDN Times - PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk mengimbau para pengunjung taman rekreasi di Pademangan, Jakarta Utara, itu pada 31 Desember 2022, atau pada malam tahun baru 2023 agar menggunakan kendaraan umum, karena kapasitas area parkir kendaraan pribadi di kawasan wisata itu terbatas.

"Kami imbau pengunjung gunakan kendaraan umum karena kantong parkir hanya bisa menampung sampai 6.281 mobil, dan juga kantong parkir sepeda motor sebanyak 17.350 motor," kata VP Taman Impian Jaya Ancol, Ferdinand Gultom, dilansir ANTARA, Jumat (23/12/2022).

Baca Juga: Pemprov DKI Larang Petasan saat Perayaan Nataru, Kembang Api Boleh

1. Pengunjung juga diimbau membeli tiket secara online

Pengunjung Ancol Diimbau Pakai Kendaraan Umum saat Malam Tahun BaruIlustrasi - Petugas memberikan imbauan kepada warga yang akan berwisata untuk kembali pulang di depan pintu masuk Ancol Taman Impian, Jakarta, Sabtu (15/5/2021). Pengelola Ancol Taman Impian menutup seluruh area rekreasi dan wisata Pantai Ancol selama satu hari pada Sabtu (15/5) untuk dilakukan penyemprotan disinfektan dan evaluasi penguatan protokol kesehatan (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Ferdinand juga mengimbau pengunjung tidak lupa membeli tiket melalui situs dalam jaringan (daring) www.ancol.com, sebelum membawa kendaraan dan penumpangnya menuju Taman Impian Jaya Ancol.

Imbauan disampaikan guna mencegah kepadatan kendaraan menuju kawasan Taman Impian Jaya Ancol, khususnya yang sering terjadi di jalan depan pintu gerbang utama.

2. Bus Wara-Wiri dan Kereta Sato-Sato siap jemput penumpang dengan kendaraan umum

Pengunjung Ancol Diimbau Pakai Kendaraan Umum saat Malam Tahun BaruIlustrasi pantai Ancol (ANTARA FOTO/ Reno Esnir)

Pengunjung dengan kendaraan umum dapat memanfaatkan Bus Wara-Wiri yang disediakan per hari sebanyak 63 unit, dan tiga rangkaian Kereta Sato-Sato secara gratis.

Angkutan umum internal kawasan Ancol, Bus Wara-Wiri, akan berhenti pada setiap selter, dan cukup representatif dari segi jarak maupun waktu tempuh menuju unit rekreasi yang diinginkan pengunjung.

"Kami sudah memperhitungkan tidak akan ada penundaan atau antrean terlalu panjang menuju masing-masing selter Bus Wara-Wiri. Kalau untuk Kereta Sato-Sato, ini bisa sekaligus rekreasi selain jadi transportasi. Karena biasanya anak-anak senang diajak naik ini mengelilingi Ancol," kata Ferdinand.

Baca Juga: Ada Car Free Night, Konvoi Dilarang Saat Malam Tahun Baru di Sudirman

3. Bagi pengunjung dengan kendaraan pribadi akan diarahkan petugas parkir

Pengunjung Ancol Diimbau Pakai Kendaraan Umum saat Malam Tahun BaruIlustrasi - Libur Nasional dan Cuti bersama dimanfaatkan warga Jakarta untuk bertamasya ke Ancol dan hingga Kamis (29/10) pukul 14.00 WIB pengunjung Ancol mencapai 23.000 orang. (ANTARA FOTO/ Reno Esnir)

Sementara, bagi pengunjung yang tetap membawa kendaraan pribadi, manajemen Ancol mengimbau agar tidak perlu khawatir mengikuti arahan petugas operasional, yang akan mengatur letak parkir kendaraan di kantong-kantong parkir yang telah disediakan.

"Mereka sudah mengetahui letak kantong-kantong parkir tersebut. Kalau memang dirasa terlalu jauh dari unit rekreasi yang ingin dikunjungi, nanti bisa menaiki Bus Wara-Wiri," kata Ferdinand.

4. Ancol akan tutup setelah selesai pertunjukan kembang api pada pukul 01.00 WIB

Pengunjung Ancol Diimbau Pakai Kendaraan Umum saat Malam Tahun BaruSejumlah wisatawan antre untuk memasuki tempat wisata Ancol Jakarta, Jumat (14/5/2021). Pemprov DKI Jakarta pada libur Lebaran 2021 membuka sejumlah tempat wisata, salah satunya wisata Ancol yang diperuntukan khusus bagi warga ber-KTP DKI Jakarta dan membatasi jumlah wisatawan dengan kapasitas 30 persen (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Khusus pada malam pergantian tahun, kawasan Ancol akan tutup setelah selesai pertunjukan kembang api pada pukul 01.00 WIB.

Terkait pengamanan, area Ancol akan diperketat dengan penambahan tenaga pengamanan gabungan yang terdiri dari kepolisian, TNI, Satpol PP, Dishub, Dinkes, dan Damkar yang melibatkan 625 personel. Tambahan ini akan melengkapi petugas operasional Ancol sebanyak 278 personel.

Manajemen Ancol juga menyiapkan enam titik pos P3K, enam titik pos polisi di dalam area Ancol, delapan pos penjaga pantai (life guard) sepanjang pantai dan lima titik pos Satgas Covid-19 untuk memastikan keselamatan pengunjung selama masa libur akhir tahun nanti.

"Kami juga menyiagakan tiga unit ambulans saat darurat (emergency), selain pos P3K," kata Ferdinand.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya