Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu Malaysia, Bahas Apa Saja?

PM Sabri akan berkunjung ke Indonesia

Jakarta, IDN Times - Presiden RI Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Malaysia Dato’ Saifuddin Abdullah di Istana Merdeka, Senin (18/10/2021).

Dalam pertemuan tersebut, Presiden mengatakan, Malaysia adalah tetangga dekat Indonesia dan hubungan kedua negara penting untuk terus ditingkatkan.

"Indonesia dan Malaysia akan dapat terus meningkatkan kerja sama. Tidak saja untuk kepentingan bilateral, tetapi juga untuk perdamaian dan kesejahteraan kawasan," kata Presiden dalam siaran pers yang diterima dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Deretan Kontroversi Ismail Sabri Yaakob, Perdana Menteri Baru Malaysia

1. PM Malaysia Dato' Sri Ismail Sabri Yakoob akan berkunjung ke Indonesia

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu Malaysia, Bahas Apa Saja?Ismail Sabri Yakoob, Perdana Menteri Malaysia. (ANTARA FOTO/Reuters)

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang turut hadir mendampingi Presiden mengatakan, PM Malaysia Dato' Sri Ismail Sabri Yakoob akan berkunjung ke Indonesia pada November mendatang.

Presiden Jokowi, kata Retno, menyambut baik rencana kedatangan PM Sabri. Kunjungan itu menunjukkan kuatnya hubungan kedua negara. Pertemuan ini tidak saja membahas hubungan bilateral, tetapi juga isu-isu kawasan dan global.

 

 

2. Membahas perjalanan yang aman saat pandemik COVID-19

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu Malaysia, Bahas Apa Saja?Suasana Terminal 3 Bandara Soekatno-Hatta (IDN Times/Maya Aulia Aprilianti)

Dalam pertemuan tersebut, kata Retno, Presiden Jokowi menyampaikan kedua negara perlu mulai mempersiapkan perjalanan yang aman, termasuk untuk pelaku bisnis, tentunya dengan terus memperhatikan faktor kesehatan dan kondisi COVID-19.

Karena itu, kata Retno, Presiden Jokowi mengharapkan dalam kunjungan PM Malaysia mendatang, kedua negara dapat menyepakati pengaturan koridor perjalanan (travel corridor arrangement), adanya saling pengakuan sertifikat vaksin, dan saling mengenali sistem atau aplikasi kesehatan yang dipakai kedua negara.

 

3. Presiden Jokowi menekankan kembali isu pelindungan WNI di Malaysia

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu Malaysia, Bahas Apa Saja?Menlu Retno Marsudi (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, Presiden menekankan kembali pentingnya isu pelindungan WNI di Malaysia dan akan terus memberikan perhatian terhadap isu tersebut.

"Hal ini selalu menjadi perhatian Presiden Jokowi setiap bertemu dengan PM Malaysia karena jumlah mereka yang cukup banyak dan pelindungan terhadap warga negara Indonesia di Malaysia selalu menjadi prioritas Presiden Jokowi," kata Retno.

"Presiden mengharapkan kerja sama untuk perlindungan ini makin diperkuat," imbuh Menlu.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Baca Juga: Malaysia Janji Akan Mempersulit Hidup Warganya yang Tolak Vaksin COVID

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya