Riset CSIIS: Warga NU Pilih Prabowo, Ganjar dan Erick Jadi Capres

Riset semi survei ini dilakukan di 10 kota

Jakarta, IDN Times - Riset Center for Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS) menemukan sejumlah nama calon presiden yang menjadi pilihan warga Nahdlatul Ulama (NU).

Direktur Ekskutif CSIIS, Moh Sholeh Basyari, mengatakan hasil riset tersebut menemukan tiga nama, yakni Prabowo Subianto, Erick Thohir, dan Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Survei: Prabowo Unggul Bila Berpasangan dengan Ganjar di Pilpres 2024

1. Muncul nama Prabowo, Erick, dan Ganjar

Riset CSIIS: Warga NU Pilih Prabowo, Ganjar dan Erick Jadi CapresMenteri BUMN, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Di Jawa Tengah terdapat nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Erick Thohir. Di Jawa Barat ada Ridwan Kamil, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Di Banten, nama Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Erick Thohir, serta di Lampung terdapat nama Erick Thohir, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

"Kemunculan Erick Thohir masuk tiga besar survei, bisa dibaca bahwa pendekatannya kepada komunitas NU cukup efektif," kata Basyari, dalam keterangan tertulis, Selasa (25/1/2022).

2. Yenny Wahid kalahkan Cak Imin dan Saifullah

Riset CSIIS: Warga NU Pilih Prabowo, Ganjar dan Erick Jadi CapresYenny Wahid (IDN Times/Marisa Safitri)

Hasil riset lainnya, menurut Basyari, munculnya Yenny Wahid yang mengalahkan politisi NU kawakan dan senior sekelas Muhaimain Iskandar dan Saifullah Yusuf.

Basyari menduga, perubahan tersebut merupakan respons warga NU atas kebijakan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf, yang ingin menghidupkan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Baca Juga: Potret Jokowi Bagi-Bagi Bantuan ke Pedagang Bareng Erick Thohir

3. Riset dilakukan di 10 kota

Riset CSIIS: Warga NU Pilih Prabowo, Ganjar dan Erick Jadi CapresGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Jajak pendapat yang dilakukan CSIIS dilakukan serentak di Probolinggo, Pasuruan, Malang, Yogyakarta, Rembang, Magelang, Tasikmalaya, Cirebon, Pandeglang, dan Lampung Tengah. Survei semi riset dilakukan pada 7 Januari 2022.

Data Survei diambil dengan wawancara mendalam. Wawancara secara tidak langsung, responden tidak dalam posisi mengetahui bahwa dia tengah diambil datanya. Contoh dipilih secara purposive dimaksudkan untuk mendapatkan orisinalitas data dari responden, dan menghindari kemungkinan melebar.

Responden merupakan santri dari pondok pesantren yang selesai menunaikan salat Jumat. Model ini adalah adaptasi dari exit poll. Exit poll adalah data diambil dari pemilih setelah keluar dari bilik suara. Exit prayer adalah data diambil setelah responden keluar dari masjid setelah selesai salat Jumat.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya