Siklon Tropis Paddy Menjauh, Begini Dampaknya di Indonesia

Siklon Tropis Paddy kini berada di sekitar Samudera Hindia

Jakarta, IDN Times - Siklon Tropis Paddy yang menyebabkan badai, gelombang, dan cuaca ekstrem lainnya, kini perlahan menjauhi wilayah Indonesia. Manjauhnya siklon ini tentu membawa dampak di Indonesia.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis secara rutin informasi analisis dan prediksi perkembangan Siklon Tropis Paddy beserta dampaknya, terhadap kondisi cuaca dan gelombang di wilayah Indonesia sejak awal perkembangan sistemnya masih tahapan bibit siklon.

Lantas apa dampak bagi wilayah Indonesia setelah Siklon Tropis Paddy menjauh?

Baca Juga: BMKG: Siklon Tropis Paddy Jadi Penyebab Angin Kencang di Jakarta

1. Siklon Tropis Paddy menjauh di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa

Siklon Tropis Paddy Menjauh, Begini Dampaknya di IndonesiaIlustrasi badai angin (IDN Times/Aditya Pratama)

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan bibit Siklon Tropis Paddy yang sebelumnya dinamai dengan Sistem 90S, diidentifikasi mulai muncul sejak 17 Nopember 2021, kemudian mengalami peningkatan menjadi sistem Siklon Tropis Paddy mulai 22 November 2021.

"Sistem Siklon Tropis Paddy secara umum menunjukkan pergerakan sistem yang semakin menjauhi wilayah Indonesia, ke arah tenggara hingga selatan, kemudian ke arah barat hingga barat daya di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa," kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (24/11/2021).

Berdasarkan analisis hari ini, kata Guswanto, sistem Siklon Tropis Paddy berada di posisi 13.8 Lintang Selatan dan 106.9 Bujur Timur, dan diidentifikasi telah melemah intensitasnya serta dinyatakan punah dan menjadi sistem Ex-Tropical Cyclone yang dikategorikan sebagai "Tropical Low".

"Di mana kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya kurang dari 35 knot (65 km/jam). Suatu kriteria bahwa sistem dikategorikan sebagai siklon tropis adalah apabila kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai minimal 35 knot (65 km/jam).

 

2. Angin kencang yang ditimbulkan Siklon Tropis Paddy mulai berkurang

Siklon Tropis Paddy Menjauh, Begini Dampaknya di IndonesiaIlustrasi badai angin (IDN Times/Aditya Pratama)

Hingga dua hari ke depan, menurut Guswanto, sistem Ex-TC Paddy diidentifikasi masih persisten di Samudera Hindia Selatan Jawa dengan pergerakan sistem ke arah barat hingga barat daya, semakin menjauhi wilayah Indonesia disertai dengan intensitas sistem yang semakin melemah.

Dengan punahnya kategori Siklon Tropis Paddy mulai hari ini, kata dia, maka keberadaan sistem Ex-TC Paddy tersebut tidak berdampak signifikan terhadap kondisi cuaca secara umum di wilayah Indonesia.

"Di mana fenomena angin kencang sebagai dampak tidak langsung dari keberadaan TC Paddy sebelumnya di wilayah Banten dan Jakarta yang terjadi pada 23 Nopember 2021, sudah mulai berkurang dan tidak signifikan dalam 24 jam ke depan," kata Guswanto.

3. Masyarakat diimbau melakukan antisipasi dengan tiga hal

Siklon Tropis Paddy Menjauh, Begini Dampaknya di IndonesiaIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Untuk mengantisipasi dampak buruk dari potensi cuaca ekstrem, masyarakat diimbau antara lain:
1. Terus mewaspadai kondisi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dan angin kencang yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang dan longsor.
2. Melakukan antisipasi dengan memotong dahan dan ranting pohon yg sudah rapuh/lapuk dan menguatkan atap rumah ataupun tegakan/tiang-tiang/ baliho untuk menghindari adanya korban dan kerusakan lainnya.
3. Terus memonitor informasi prakiraan dan peringatan dini cuaca dari BMKG yang lebih rinci dan detail hingga level kecamatan di seluruh wilayah Indonesia yang dapat diakses melalui:
a. Website BMKG https://www.bmkg.go.id;
b. Akun media sosial @infobmkg;
c. Aplikasi iOS dan android "Info BMKG";
d. Call center 196 BMKG;
e. Atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Baca Juga: Angin Kencang Akibat Siklon Tropis Paddy Bersihkan Polusi di Jakarta

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya