Tebak-Tebakan Kandidat Cawapres Jokowi

Kira-kira siapa ya guys cawapres Jokowi?

Jakarta, IDN Times - Politisi PDIP Maruarar Sirait, menyebutkan sejumlah ciri atau kriteria sosok calon wakil presiden (cawapres), yang akan dipilih Presiden Joko 'Jokowi' Widodo dalam Pilpres 2019.

"Pak Jokowi jelas dari awal orangnya harus bersih, rekam jejaknya jelas, berani menegakkan Pancasila. Ya begitulah," kata Maruarar, usai jadi pembicara dalam Laporan Tahunan Kemerdekaan Beragama Berkeyakinan dan Politisasi Agama 2017, yang diselenggarakan Wahid Foundation, di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (8/8).

1. Cawapres Jokowi mudah ditebak

Tebak-Tebakan Kandidat Cawapres JokowiJoko Widodo ( ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Maruarar mengatakan, dari awal sudah jelas tidak ada sosok bakal cawapres yang secara kuantitatif bisa menambah suara Jokowi. Namun, secara kualitas, sosok itu harus bisa memberikan nilai tambah.

Ia mengatakan, Jokowi adalah figur yang yakin pada proses. Jokowi memulai kesuksesan karier pemerintahan dari wali kota, gubernur, hingga presiden.

Proses itu, menurut Maruarar, mencerminkan sosok cawapres yang akan dipilih Jokowi nantinya. 

"Jadi, dia pasti pilih wakil yang punya pengalaman dan track record jelas. Kalau kita peka, sebetulnya mudah ditebaklah," ujar dia, seperti dilansir kantor berita Antara.

2. Cawapres Jokowi berinisial M?

Tebak-Tebakan Kandidat Cawapres JokowiIDN Times/Sukma Shakti

Terkait cawapres Jokowi berinisial M, seperti yang diungkapkan Ketua Umum PPP Romahurmuziy baru-baru ini, Maruarar hanya tersenyum.

Maruarar juga kembali mesam-mesem ketika ditanya sosok cawapres Jokowi orang yang sudah pernah duduk di tiga level kekuasaan pemerintahan, eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

"Yang jelas dia sportif, berani menegakkan Pancasila, dan dekat dengan wartawan," ujar dia.

Maruarar juga mengatakan figur pilihan Jokowi adalah orang yang lebih banyak diam. "Kalau makin genit, peluang dipilih makin kecil," dia berkelakar. 

3. Mahfud MD hingga TGB

Tebak-Tebakan Kandidat Cawapres JokowiIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Jika melihat kandidat cawapres Jokowi yang selama ini beredar dengan berinisial M, ada beberapa orang. Antara lain Ketua Umum PKB Muhaimmin Iskandar, Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy, Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB), Kepala Staf Kepresiden Moeldoko, dan mantan Ketua MK Mahfud MD. 

Kemudian, di antara sederet nama berinisial M yang paling banyak disebut-sebut akan disandingkan dengan Jokowi pada Pilpres 2019, adalah TGB dan Mahfud MD.

 

Nah, menurut kamu kira-kira siapa di antara calon yang sesuai kriteria di atas guys?

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya