Comscore Tracker

[UPDATE] Kerugian Ekonomi Akibat Gempa Palu Rp18,48 T

BNPB juga mencatat 2.086 jiwa meninggal dunia

Jakarta, IDN Times - Pemerintah melalaui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus berupaya melakukan pemulihan pasca-gempa bumi, tsunami, dan likuifaksi yang melanda Palu dan daerah sekitarnya di Sulawesi Tengah.

BNPB merilis data terbaru dampak bencana di Sulteng hari ini, Minggu (28/10), dan menyatakan dampak kerugian ekonomi dan kerusakan akibat bencana gempa, tsunami dan likuifaksi di Kota Palu, Kabulaten Sigi, Donggala, dan Parigi Moutong, terus meningkat. 

Peningkatan jumlah dampak ekonomi terjadi akibat data kerusakan yang digunakan sebagai basis data lebih banyak dan lengkap dibandingkan sebelumnya. Selain itu, BNPB juga mencatat terdapat 2.086 jiwa yang meninggal dunia akibat bencana tersebut. Berapa jumlah kerugian akibat bencana di Sulteng?

Baca Juga: Menkominfo Pastikan Jaringan Komunikasi di Palu Sudah Normal

1. Palu jadi wilayah yang mengalami kerugian dan kerusakan terparah

[UPDATE] Kerugian Ekonomi Akibat Gempa Palu Rp18,48 TANTARA FOTO/Darwin Fatir

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan Kota Palu menjadi daerah dengan kerugian dan kerusakan terbesar. Hingga kini kerugian ditaksir mencapai Rp18,48 triliun. Sedangkan, daerah lain seperti Kabupaten Sigi dan Donggala juga alami kerugian mencapai triliunan rupiah.

“Berdasar sebaran wilayah, kerugian dan kerusakan di Sigi Rp6,9 triliun, Donggala Rp2,7 triliun, dan Parigi Moutong mencapai Rp640 miliar,” ungkap Sutopo dalam keterangan tertulisnya.

2. Sebagian besar korban meninggal dunia ditemukan di Palu

[UPDATE] Kerugian Ekonomi Akibat Gempa Palu Rp18,48 TANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Tak hanya kerugian ekonomi, menurut Sutopo, BNPB juga mencatat terdapat 2.086 korban meninggal dunia akibat gempa bumi. Menurut sebaran wilayah, lebih dari 50 persen korban meninggal ditemukan di Palu.

“Tercatat 2.086 orang meninggal dunia yaitu di Kota Palu 1.705 orang, Kabupaten Donggala 171 orang, Sigi 188 orang, dan Parigi Moutong 15 orang. Sebanyak 1.309 orang hilang. Korban luka-luka tercatat 4.438 orang, dan mengungsi sebanyak 206.524 orang,” jelas dia.

3. Jumlah kerugian dan kerusakan kemungkinan akan bertambah

[UPDATE] Kerugian Ekonomi Akibat Gempa Palu Rp18,48 TANTARA FOTO/Basri Marzuki

Sutopo mengatakan tim Hitung Cepat Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB dan UNDP masih terus berupaya menghitung dampak dan kebutuhan untuk pemulihan. Diperkirakan dana yang dibutuhkan untuk memulihkan Palu dan seitarnya mencapai Rp10 triliun.

Semoga kondisi pasca-bencana di Palu dan sekitarnya segera pulih, ya guys.

[UPDATE] Kerugian Ekonomi Akibat Gempa Palu Rp18,48 T

Baca Juga: Politikus Malaysia Sebut Gempa Palu Akibat LGBT, Ini Kata Politisi RI

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya