Comscore Tracker

Video: Ustaz Abdul Somad Tolak Jadi Timses Capres

UAS dapat wasiat sang kakek agar jadi ulama penerang umat

Jakarta, IDN Times - Ustaz Abdul Somad atau yang akrab disapa UAS, blak-blakan soal isu Pilpres 2019 di sebuah tayangan video yang beredar di media sosial.  

Termasuk, soal dirinya disebut-sebut sebagai pendukung maupun tim pemenangan salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden, setelah dia sebelumnya menolak sebagai bakal calon wakil presiden. 

Bagaimana jawaban Ustaz Somad soal isu-isu Pilpres 2019? 

1. Ustaz UAS menjawab soal isu tim sukses pasangan capres

Video: Ustaz Abdul Somad Tolak Jadi Timses CapresInstagram/@ustadzabdulsomad

Dalam video berdurasi dua menit 18 detik itu, Ustaz UAS menjawab soal isu dirinya menjadi tim sukses pasangan calon presiden dan wakil presiden. 

"Ana mau jadi apa? Ana masuk ini, masuk ini, ana mau jadi apa? Paling-paling menteri, habis itu dubes? Kan cuma itu kan? Sedangkan wakil presiden saja ana tak mau," ujar Ustaz Somad seperti dalam tayangan Ikat Televisi itu, yang diterima IDN Times beberapa waktu lalu.   

Baca Juga: Nama Ustaz Abdul Somad Santer Jadi Cawapres Prabowo, Siapa Dia?

2. Wasiat dari sang kakek kepada Ustaz Abdul Somad

Video: Ustaz Abdul Somad Tolak Jadi Timses CapresANTARA FOTO/Feny Selly

Ustaz pun menceritakan alasan dirinya tidak bersedia menjadi cawpres ataupun terjun ke dunia politik. Sejak kecil ia mendapat wasiat dari sang kakek agar kelak menjadi ulama yang mencerahkan umat Islam. 

"Ni ana jelaskan ke antum, kita sama dulu di Pesantren Darul Arafah sama di Mesir, bukan wawancara di TV, ini cerita tentang orang berkawan, bersaudara. Ana bilang, cucu kakek ana, mbah ana, ada banyak. Tapi dia bilang, untuk yang satu ini (Abdul Somad) sekolahnya aku tangggung, dia ini sekolah agama," ujar Ustas UAS mengawali ceritanya.  

Karena itu, Ustaz Somad sejak kecil disekolahkan di sekolah agama, mulai dari madrasah, tsanawiyah, aliyah, hingga menimba ilmu bangku kuliah di Tanah Suci dan Mesir.  

"Ini untuk jadi suluh dalam gelap. Bahwa ana cerita politik, genggamlah kekuasaan, dengan kekuasaan engkau menolong agama Allah, dengan tanda tangan egkau tolong agama Allah, bukan ana mau mengkilankan diri ana, bukan ana mau masuk ke dalam (politik)," kata dia. 

Ajakan Ustaz Somad selama ini kepada umat Islam agar menolong agama Allah SWT, melalui kekuasaan adalah sebagai pencerahan, bukan mempromosikan dirinya masuk ke dunia politik.  

"(Tapi) ana mau menjelaskan kepada umat, tolong agama ini dengan kekuasaan. Pernah tak selama ini ana menyebut, 'cobloslah calon ini'? Kita tak pernah sebut nama orang. Kita tak pernah sebut nama partai, kita tak pernah sebut nama ini," ujar dia.

3. Menurut Ustaz Somad umat Islama sudah cerdas sekarang ini

Video: Ustaz Abdul Somad Tolak Jadi Timses CapresUstaz Abdul Somad (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Menurut Ustaz Somad, umat Islam sekarang ini sudah cerdas. Apa pun yang disampaikan dirinya selama ceramah, umat sudah paham arahnya. Sehingga tak perlu lagi dirinya dikait-kaitkan dengan Pilpres 2019.  

"Umat ini mau kita cerdaskan, tanpa ana ikut jadi jurkam ini, orang sudah tahu selama ini arah ceramah ustaz ini ke sini. Umat ini cerdas, tak perlu dibohong-bohongi. Udahlah capek lah kita pencitraan-pencitraan. Berhentilan. Tarik ke sini, tarik ke sini, makin terbuka lah," kata dia.  

"Umat ini bukan bodoh, bukan goblok. Tahu lah dia mana yang betul-betul berbuat, mana yang sekadar pencitraan. Sudah terbuka semuanya, sudah. Jadi kita tinggal tunggu aja, nanti," Ustaz Somad menandaskan. 
 

Baca Juga: Tolak Jadi Cawapres, Abdul Somad: Saya Lebih Tepat Jadi Dai

Topic:

  • Rochmanudin
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya