Warga Prancis Kenalan Joko Widodo Ungkap 3 Makna Sebutan Jokowi

Bernard Chene senang nama Jokowi kini populer

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo mengungkap makna di balik nama panggilan Jokowi. Hal itu diungkapkan dalam akun Instargam dan Twitternya @Jokowi yang diunggah pada Minggu (10/11), berikut penjelasan kenalannya orang Prancis yang memberikan nama panggilan tersebut, Bernard Chene.

Chene melalui video yang diunggah Jokowi itu menjelaskan definisi "Jokowi" dalam tiga kata, yakni dapat diandalkan, dapat dipercaya, dan sangat pintar.

"Itu tiga kata untuk Jokowi," kata dia.

Baca Juga: Pendiri NasDem Heran, Anies Baswedan dapat Panggung Tapi Jokowi Absen 

1. Nama panggilan Jokowi berasal dari pemberian orang Prancis

Warga Prancis Kenalan Joko Widodo Ungkap 3 Makna Sebutan JokowiIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Cuitan yang diunggah pada Minggu (10/11) sekitar pukul 07.57 WIB itu, hingga Senin (11/11) sekitar pukul 11.00 WIB sudah mendapat 3,1 ribu retweet dan 16,6 ribu menyatakan suka.

Jokowi menyebutkan nama panggilan tersebut melekat bukan sejak kecil, melainkan setelah dewasa.

"Nama saya Joko Widodo, dipanggil Jokowi. Dan nama panggilan ini melekat bukanlah dari saya kecil, tapi semenjak mengenal Bernard Chene. Orang Prancis," cuit Presiden.

2. Bernard Chene jelaskan asal usul nama Jokowi

Warga Prancis Kenalan Joko Widodo Ungkap 3 Makna Sebutan JokowiIDN Times/Aldzah Fatimah

Jokowi juga mengajak warganet menyimak kisahnya melalui video berdurasi satu menit itu. Video tersebut berisi penjelasan Bernard Chene tentang asal muasal nama panggilan Jokowi.

Chene mengisahkan asal nama panggilan Jokowi dalam bahasa Inggris. Video itu juga dilengkapi dengan teks berbahasa Indonesia. Teks diawali dengan pertanyaan: Katanya panggilan "Jokowi" Anda yang buat. Apa cerita di baliknya?

Chene menjawab pertanyaan itu. Alasannya sederhana. Di Perancis, masyarakat terbiasa memiliki nama panggilan singkat. Menurut dia, nama Joko Widodo terlalu panjang bagi dia.

"Kemudian saya tanya ke Beliau. Kalau tidak keberatan, boleh saya panggil 'Jokowi' saja? Dan begitulah awal ceritanya," jelas kenalan Jokowi itu.

3. Bernard Chene senang nama Jokowi kini populer

Warga Prancis Kenalan Joko Widodo Ungkap 3 Makna Sebutan JokowiIDN Times/Fariz Fardianto

Chene juga menyebutkan perasaannya ketika nama panggilan "Jokowi" menjadi setenar sekarang ini di Indonesia. Dia menyebutkan nama itu awalnya hanya di antara dirinya dan dia (Jokowi). Sekarang, semua orang memanggilnya dengan nama itu.

"Ya mungkin sedikit senang sih, karena kan saya yang membuatnya bagus," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Segera Angkat Wakil Mendikbud dan Wakil Panglima TNI

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya