Comscore Tracker

Waspada! Gelombang Tinggi 6 Meter Ancam Perairan Jatim hingga NTB

Gelombang tinggi juga ancam perairan Aceh hingga Jateng

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan kepada pengguna transportasi laut maupun nelayan, agar waspada terhadap ancaman gelombang tinggi berkisar 4 hingga 6 meter di selatan Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Peringatan tersebut berlaku sejak hari ini, Sabtu (19/5/2021) pukul 19.00 WIB hingga Minggu, 20 Juni 2021 pukul 07.00 WIB.

Baca Juga: Heboh Gempa dan Tsunami, BMKG Jelaskan Perbedaan Potensi dan Prediksi

1. Tiga wilayah dengan gelombang mencapai 6 meter

Waspada! Gelombang Tinggi 6 Meter Ancam Perairan Jatim hingga NTBIlustrasi gelombang tinggi (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

BMKG menyebutkan ada tiga provinsi dengan perkiraan mengalami gelombang tinggi, yakni perairan selatan Jawa Timur, perairan selatan Bali, dan perairan selatan NTB. Gelombang tinggi tersebut berkisar antara 4 hingga 6 meter.

Sementara, prakiraan cuaca di ketiga wilayah tersebut yakni hujan ringan di Jawa Timur dan kecepatan angin 10-16 kts arah timur tenggara. Cuaca di Bali diperkirakan cerah berawan dengan kecepatan angin 2-15 kts arah timur tenggara. Sedangkan, wilayah NTB diprediksi cerah berawan dengan kecepatan angin 2-15 kts arah timur tenggara.

2. Gelombang tinggi juga ancam perairan selatan Aceh hingga Jawa

Waspada! Gelombang Tinggi 6 Meter Ancam Perairan Jatim hingga NTBUnspalsh/Annie Spratt

Gelombang tinggi kisaran 2,5 hingga 4 meter juga diprediksi terjadi di perairan selatan Aceh hingga Jawa Tengah, atau sepanjang Samudra Hindia.

Daerah dengan ancaman gelombang tinggi antara lain di perairan barat Aceh, Nias, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Selain itu, gelombang tinggi juga mengancam perairan wilayah timur Indonesia antara lain Laut Banda bagian timur, Kepulauan Kei, Kepulauan Aru, Kepulauan Leti dan Sermata, Kepulauan Tanimbar, serta Laur Arafuru bagian barat dan tengah.

3. BMKG memperingatkan agar masyarakat waspada gelombang tinggi

Waspada! Gelombang Tinggi 6 Meter Ancam Perairan Jatim hingga NTBUnspalsh/Delfi de la Rua

BMKG berharap masyarakat memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran mulai dari masyarakat di pesisir, nelayan, hingga kapal Ferry dan kargo.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," imbau BMKG melalui laman situsnya.

Baca Juga: Waspada! Gelombang Tinggi 6 Meter Ancam Perairan Banten hingga Jatim

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya