Waspada! Hujan Lebat Disertai Petir Landa Jabodetabek 3 Hari ke Depan

Cuaca ekstrem hampir melanda seluruh wilayah Indonesia

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar lebih waspada hujan lebat disertai angin kencang dan petir untuk tiga hari ke depan hingga Jumat (8/2).

Dalam keterangan tertulis dari BMKG, Rabu (6/2), disebutkan hampir di wilayah Indonesia dilanda cuaca ekstrem tersebut. Daerah mana saja yang diperkirakan terdampak?

1. Penyebab cuaca ekstrem

Waspada! Hujan Lebat Disertai Petir Landa Jabodetabek 3 Hari ke DepanUnsplash/@Shehran Syed on

BMKG menyatakan kondisi cuaca ekstrem ini disebabkan adanya tekanan rendah di Australia bagian utara dan sirkulasi siklonik di pesisir barat Aceh (Level 925-800 mb).

Sementara itu terdapat pula konvergensi atau pertemuan angin yang memanjang di wilayah pesisir barat Sumatera Barat hingga Samudera Hindia barat Sumatera, dan terdapat belokan angin di Sumatera Tengah seperti Riau dan Selat Karimata, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan perairan Utara Papua.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Waspadai Awan Kumulonimbus

2. Cuaca ekstrem pada Kamis 7 Februari

Waspada! Hujan Lebat Disertai Petir Landa Jabodetabek 3 Hari ke DepanPinterest

BMKG imbau masyarakat agar waspadai hujan lebat disertai angin kencang dan petir, pada Kamis (7/2) di wilayah Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah.

3. Cuaca ekstrem pada Jumat 8 Februari

Waspada! Hujan Lebat Disertai Petir Landa Jabodetabek 3 Hari ke DepanUnplash/Osman Rana

Sementara pada 8 Februari 2019, masyarakat diimbau mewaspadai hujan lebat disertai petir di wilayah Aceh, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem di Manado, Pesawat Garuda Kembali ke Makassar

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya