Cegah COVID-19, 3 Mal di Depok Tutup dan 10 Lainnya Batasi Jam Buka

Baiklah, kita di rumah saja!

Depok, IDN Times - Social distancing menjadi satu dari sekian imbauan pemerintah yang merujuk instruksi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam memerangi pandemi virus SARS-Cov-2. Social distancing atau pembatasan jarak sosial merupakan pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga jadi lokus penyebaran virus.

Efeknya, segala tempat yang biasanya jadi pusat keramaian dan berpotensi mengundang kerumuman massa untuk sementara di tutup. Semua demi menekan potensi penularan virus dari satu orang ke orang lain.

Di Kota Depok, sederet fasilitas publik, mulai dari Alun-alun ditutup sementara hingga sekolah dliburkan sampai April depan oleh pemerintah. Tujuannya, menuntun masyarakat agar diam di rumah saja.

Bahkan sekarang, pusat perbelanjaan di Kota Belimbing juga ikut tutup hingga beberapa waktu ke depan. Berikut daftar mal-mal besar yang memilih kebijakan penutupan.

Baca Juga: Pemkot Depok Siap Pasok Logistik Warga yang Diisolasi karena COVID-19

1. Dimulai dari Depok Town Square

Cegah COVID-19, 3 Mal di Depok Tutup dan 10 Lainnya Batasi Jam BukaTampak muka Depok Town Square (IDN Times/Rohman Wibowo)

Pusat perbelanjaan yang tepat berada di jantung kota ini adalah mal yang pertama kali memilih opsi penutupan. Depok Town Square atau Detos ditutup sementara dari Jumat (27/3) sampai dengan Kamis (9/4).

“Hal ini dilakukan dalam rangka menjaga agar penyebaran COVID-19 tidak menyebar luas dan dapat dikendalikan. Selain itu, demi menjaga kesehatan karyawan mal dan SPG toko yang cukup rentan terhadap COVID-19 karena masuk dan pulang kerja menggunakan kendaraan umum,” Mall Director Detos, Sutikno Pariyoto dalam keterangan tertulisnya yang diterima IDN Times, Sabtu (28/3).

Meski begitu, Detos tak sepenuhnya tutup. Beberapa tenant yang menyediakan kebutuhan pokok tetap dibuka. “Agar ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat tetap terjaga maka bagi tenant yang menjual atau menyediakan produk dan jasa dengan kategori supermarket/hypermarket (Hypermart), farmasi (Boston) tetap buka dari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB,” ucapnya.

“Beberapa resto juga akan tetap melayani order take away maupun order online (GrabFood/GoFood) dengan jam operasional dari pukul 11. 00 – 20.00 WIB, dan ATM Center di Ground Floor tetap bisa diakses dari pukul 11.00 – 20.00 WIB,” dia menambahkan.

Sebagai langkah pencegahan, kata dia, di Detos bakal dilakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan selama masa penutupan.

Baca Juga: Petugas Medis di Depok Pakai Jas Hujan, di Mana Peran Pemkot?

2. Trans Studio Mall Cibubur tutup hingga waktu yang belum ditentukan

Cegah COVID-19, 3 Mal di Depok Tutup dan 10 Lainnya Batasi Jam BukaTrans Studio Mall Cibubur (Dok. TSM Cibubur)

Trans Studio Mall Cibubur, jadi mal kedua yang ikut tutup hingga waktu belum ditentukan Pusat perbelanjaan yang berada di bilangan Cimanggis ini ditutup sementara dari Jumat (27/3) sampai dengan waktu yang belum ditentukan.

Namun beberapa tenant yang menyediakan kebutuhan pokok dan obat-obatan seperti Transmart, Century, Guardian, Kimia Farma, dan Watsons tetap dibuka. Selain itu kegiatan perbankan dalam mal masih berjalan, menyusul masih dibiarkannya operasional Bank Mega.

“Kami mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19 dan kebijakan bekerja dari rumah untuk para karyawan. Kesehatan dan keselamatan pengunjung karyawan serta komunitas adalah prioritas kami,” kata General Manager Trans Studio Cibubur, Daan Duijm saat dikonfirmasi, Sabtu.

3. Waini, Margo City juga ikut tutup

Cegah COVID-19, 3 Mal di Depok Tutup dan 10 Lainnya Batasi Jam BukaArena bermain ice skating di Margo City (Dok. Margo City)

Mal yang berada di Jalan Margonda Raya ini pun tutup mulai besok Minggu (29/3) sampai bulan depan Sabtu (11/4). Sama dengan kebijakan mal lain yan tutup, beberapa tenant penyedia kebutuhan pokok, obat-obatan dan akses finansial tetap dibuka. Margo City tetap membuka Giant, Guardian, Watson, dan ATM Center.

Untuk diketahui, Margo City yang berseberangan dengan Detos ini setiap hari, terlebih di akhir pekan selalu dipadati pengunjung, sehingga lalu lintas kendaraan di sekitar mal begitu padat yang sering kali menyebabkan kemacetan. Karena kedua mal itu jadi berlokasi di jalan penghubung Depok-Jakarta.

Baca Juga: Curhat Warga Depok Ingin Hidup Normal Usai Disorot Kasus Virus Corona 

4. Beberapa mal pilih batasi jam operasional

Cegah COVID-19, 3 Mal di Depok Tutup dan 10 Lainnya Batasi Jam BukaArena bermain di DMALL (Dok. DMALL)

Berbeda dengan tiga mal sebelumnya, beberapa mal yang berlokasi di kawasan jantung kota belum memilih opsi penutupan.

Merujuk pada informasi yang dihimpun dari Dinas Perdagangan & Perindustrian Depok, pusat perbelanjaan  semisal DMALL dan ITC yang berada di Jalan Margonda Raya lebih memilih mengurangi jam operasional, yang semulanya dari pukul 10.00-22.00 berganti menjadi 11.00-20.00 WIB. Namun khusus hari libur akhir pekan dan libur nasional,  jam operasional di DMALL buka dari pukul 10.00-22.00 WIB.

Selain itu, 8 mal lain juga membatasi jam operasionalnya dengan ketentuan waktu yang serupa.  Mulai dari Cimanggis Square, Mall Cinere, Pesona Square, Belleveu Cinere, Living Plaza Cinere, Transmart Dewi Sartika, dan City Plaza Depok.

Pembaca bisa membantu kelengkapan perlindungan bagi para tenaga medis dengan donasi di program #KitaIDN : Bergandeng Tangan Melawan Corona di Kitabisa.com

Baca Juga: Pemkot Depok Siap Pasok Logistik Warga yang Diisolasi karena COVID-19

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya