Dosen UI Berstatus PDP Virus Corona Meninggal Dunia

Humas UI masih menunggu hasil laboratorium

Depok, IDN Times - Kabar duka dari kalangan akademisi yang meninggal dunia karena diduga terinfeksi COVID-19 kembali berembus. Kali ini, dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI), Drs. Erwin Indradjaja dikabarkan tutup usia pada Selasa, (24/3).

Untuk diketahui sebelumnya, mendiang Erwin mengampu mata kuliah di jurusan Hubungan Internasional. IDN Times coba mengonfirmasi kabar duka tersebut kepada pihak UI.

“Kami turut berbelasungkawa atas kepergian Drs. Erwin Indradjaja, M.Si yang merupakan dosen FISIP UI. Beliau wafat pada Selasa, 24 Maret 2020, kata Humas UI, Egia Etha Tarigan saat dikonfirmasi.

1. Dosen Erwin berstatus PDP sebelum mengembuskan napas terakhirnya

Dosen UI Berstatus PDP Virus Corona Meninggal DuniaPetugas medis membawa seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terduga COVID-19 di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan, Sumatera Utara, Rabu (18/3/2020). Saat ini pihak rumah sakit telah mengisolasi 10 orang PDP terduga COVID-19 dan tiga orang PDP telah dinyatakan negatif/sudah dipulangkan. ANTARA FOTO/Septianda Perdana

Hingga berita ini disusun, pihak kampus masih menanti terang atas kabar duka itu. Namun kabar terakhir yang berhasil dihimpun menyebut bahwa dosen yang bersangkutan sempat mendapat perawatan intensif di rumah sakit berkaitan dengan dugaan terpapar COVID-19, sebelum akhirnya meninggal dunia pada siang tadi.

“Saat wafat, almarhum adalah pasien dalam pengawasan (PDP). Belum ada hasil pemeriksaan laboratorium, tetapi untuk keamanan semua pihak, jenazah telah ditangani sesuai standar jenazah akibat COVID-19,” kata Egia.

Baca Juga: Turut Berduka! Guru Besar UGM yang Positif Virus Corona Meninggal 

2. Guru besar UI juga meninggal dunia tertular virus corona di tempat kerjanya

Dosen UI Berstatus PDP Virus Corona Meninggal DuniaIlustrasi tenaga medis bersiaga untuk pasien virus corona. ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

Sebelumnya, kabar duka juga menyelimuti segenap civitas akademika “jaket kuning”. Sebagaimana dalam berita sebelumnya, dosen UI yang berstatus Guru Besar Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Prof. DR. dr. Bambang Sutrisna, MHSc, meninggal dunia Senin (23/3) kemarin pagi, di salah satu rumah sakit rujukan nasional penanganan virus corona, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Jakarta Timur.

Keterangan dari anak almarhum, Leonita Triwachyuni menjelaskan bahwa ayahnya tertular virus SARS-Cov-2 di ruang praktiknya. Saat itu, dr. Bambang tengah menerima pasien yang berobat, namun diketahui yang bersangkutan merupakan suspect virus corona.

Baca Juga: Curhat Anak Dokter UI yang Meninggal karena Corona: Sedih Tapi Marah

3. Dosen UGM tutup usia usai bertarung melawan virus corona selama 9 hari

Dosen UI Berstatus PDP Virus Corona Meninggal DuniaPemakaman Guru Besar UGM yang positif COVID-19. Dok Humas RSUP Dr Sardjito

Di waktu yang berdekatan, Guru Besar Universitas Gadjah Mada (UGM) berinisial ID diketahui meninggal dunia setelah didiagnosis positif virus corona atau Covid-19. Seperti yang diberitakan sebelumnya, ID tutup usia pada Selasa (24/3) pukul 00.04 WIB di RSUP Dr Sardjito dan dimakamkan pada hari yang sama di Pemakaman Sawit Sari UGM sekitar pukul 09.00 WIB.

Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM ini sebelumnya sempat menjalani perawatan di RSUP Dr Sardjito sejak 15 Maret 2020. Setelah dirawat kurang lebih selama 9 hari, ID mengembuskan napas terakhir di usia 58 tahun.

Baca Juga: Haru! Pemakaman Dosen UGM Positif Corona Hanya Bisa Dilihat dari Jauh

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya