7 dari 10 Kota Paling Berpolusi di Dunia ada di Negara ini

Perekonomian dan nyawa manusia jadi korbannya...

New Delhi, IDN Times - India menjadi negara dengan kota yang paling berpolusi pada 2018. Dari 10 kota di dunia yang memiliki udara terkotor, tujuh di antaranya berada di negara tersebut.

Menurut riset AirVisual, Gurugram--sebuah kota di dekat New Delhi--memperoleh skor terburuk. Tak hanya itu, tragisnya, mayoritas kota paling berpolusi terletak di kawasan Asia Selatan.

1. Selain Gurugram, Ghaziabad dan Fariadabad juga masuk sebagai kota dengan udara paling kotor

7 dari 10 Kota Paling Berpolusi di Dunia ada di Negara iniunsplash.com/elle

Indeks kualitas udara di Gurugram adalah 135,8. Angka ini hampir tiga kali lebih tinggi dari indeks aman yang ditetapkan oleh Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) Amerika Serikat. Padahal, Gurugram mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu.

Namun, tetap saja udah di kota tersebut dinilai paling kotor dari ribuan area yang menjadi target riset tersebut. Kota Ghaziabad tak terlalu banyak berbeda. 

Kota yang juga berlokasi dekat dengan New Delhi itu memiliki indeks kualitas udara sebesar 135,2. Sedangkan Fariabadad menempati urutan keempat dengan indeks kualitas udara sebesar 129,1.

Baca Juga: WALHI: Mendahulukan Ekonomi daripada Lingkungan Hidup adalah Sesat

2. Pakistan dan China masuk ke dalam 10 besar

7 dari 10 Kota Paling Berpolusi di Dunia ada di Negara iniunsplash.com/Zhang Jr

Peringkat keempat ditempati oleh Faisalabad. Kota paling padat penduduk ketiga di Pakistan itu memiliki indeks kualitas udara sebesar 130,4, yang mana juga tidak berbeda secara signifikan dengan ketiga kota di India di atas.

Tiga kota berikutnya--Bhiwadi, Noida, dan Patna--berlokasi di India. Indeks kualitas udara di ketiga tempat itu adalah 125,4, 123,6, dan 119,7. Satu kota di China, Hotan, menempati urutan ke delapan dengan indeks 116.

Terakhir di urutan kesepuluh adalah Lahore. Kota dengan populasi terbanyak kedua setelah ibukota Karachi itu mendapatkan indeks kualitas udara sebesar 114,9.

Baca Juga: Eva Bachtiar, Pahlawan Sampah Makanan di Surabaya

3. Jakarta menempati urutan 161, sedangkan Denpasar ada di peringkat 722

7 dari 10 Kota Paling Berpolusi di Dunia ada di Negara iniunsplash.com/Arran Smith

Sementara itu, sepanjang tahun 2018, ada lima bulan di mana udara di Jakarta dikategorikan "tidak sehat". Indeks kualitas udara ibukota pada tahun ini adalah 45,3 di mana ini merosot dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 29,7. Namun, secara rata-rata, udara di ibukota masih aman untuk dihirup.

Peringkat tiga kota di Bali bahkan jauh lebih baik. Badung, dengan kualitas indeks udara sebesar 24,2 menempati urutan ke 545. Kota berikutnya yaitu Ubud berada di peringkat 565 dengan kualitas indeks udara sebesar 23,7. Lalu, ada Denpasar yang merupakan kota dengan udara paling bersih di Indonesia. Ibukota provinsi Bali itu mendapatkan peringkat 722. Indeks kualitas udara di kota ini adalah 19,7.

4. Kualitas udara berdampak pada kesehatan dan perekonomian

7 dari 10 Kota Paling Berpolusi di Dunia ada di Negara iniunsplash.com/Arpad Kiss

Pembakaran bahan bakar fosil diyakini sebagai penyebab mengapa polusi udara di banyak sekali kota di India, China, Pakistan dan Bangladesh sangat buruk. "Apa yang jelas adalah pelakunya di seluruh dunia yaitu pembakaran bahan bakar fosil--batu bara, minyak dan gas--diperburuk oleh pembabatan hutan," ujar Yeb Sano, Direktur Eksekutif Greenpeace Asia Tenggara.

Dampaknya sangat terasa terhadap perekonomian dan kesehatan. AirVisual melaporkan polusi udara akan mengakibatkan sekitar tujuh juta kematian dini di seluruh dunia pada 2019. Lalu, polusi udara juga "mencuri kehidupan dan masa depan" makhluk hidup di bumi.

"Menurut perkiraan, ada biaya global sebesar USD225 miliar dalam bentuk hilangnya tenaga kerja, serta triliunan lainnya karena biaya medis. Ini berdampak sangat luar biasa, terhadap kesehatan dan dompet kita," tegasnya.

Baca Juga: Buruk Bagi Lingkungan, Inggris Ingin Kurangi Limbah Pakaian

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya