Comscore Tracker

Ternyata, Jokowi Sering Keliru Saat Mengucap Singkatan Program Pemerintah

Kalau BTW, OTW, CMIIW, FYI,TGIF, gimana, Pak?

Pernah kesulitan mengucap dan mengeja singkatan program atau nama instansi pemerntahan? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Presiden Joko Widodo pun ternyata mengalami hal yang sama. Entah karena terlalu panjang atau terlalu banyak konsonan di dalamnya, Jokowi memprotes para pembuat singkatan karena menurutnya sangat sulit dihafal. Hal itu diungkapkannya di Istana Negara, saat membuka acara Financial Close Pembiayaan Proyek Investasi Non Anggaran Pemerintah (PINA) di Istana Negara, Jumat (17/2).

Jokowi mengeluhkan singkatan program pemerintah yang panjang.

Ternyata, Jokowi Sering Keliru Saat Mengucap Singkatan Program PemerintahWahyu Putro A/ANTARA FOTO

Dalam acara yang dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, sejumlah menteri, kepala daerah, serta petinggi BUMN tersebut, Jokowi mengeluhkan banyaknya dan panjangnya singkatan yang harus ia ucapkan. Ini diawali dengan singkatan KBPU yang ia ucapkan beberapa kali selama pidato pembukaan.

"Dalam rangka mendorong peran badan usaha dalam percepatan pembangunan infrastruktur, Bappenas sudah menetapkan daftar rencana proyek KBPU tahun 2017," kata Jokowi. Beberapa saat kemudian ia mengeluarkan kalimat protes,"Ini singkatannya kok ya? KPBU? Kadang-kadang sulit. Apa ini kepanjangannya?" Jokowi mengeluhkan singkatan yang menurutnya terlalu panjang. "Singkatan ya paling panjang tiga gitu, lho. KPBU kadang saya kebalik-balik," ujarnya. Para tamu undangan pun tertawa mendengar protes Jokowi.

Baca Juga: Ini Jawaban Jokowi Tentang Pertanyaan SBY di Twitter

Jokowi mengaku sering tertukar saat menyebut singkatan dari beberapa program pemerintah.

Ternyata, Jokowi Sering Keliru Saat Mengucap Singkatan Program PemerintahWahyu Putro A/ANTARA FOTO

Meski di forum pemerintah dan tengah membahas isu berat, yakni percepatan pembangunan, tapi Jokowi dengan jujur mengungkapkan bahwa dirinya sering salah menyebutkan satu singkatan dan tertukar dengan singkatan lain karena keduanya memiliki kemiripan. "RPJMP, RPJMN, saya kadang-kadang ingat, kadang kadang luput, Rencana Pembangunan Jangka Menengah. Haduh!" kata Jokowi.

Ia pun meminta agar singkatan program pemerintah jangan dibuat panjang yang akan menyulitkannya. "PP (Peraturan Pemerintah) kan enak. Saya suka kebalik-balik, carikan yang pendek-pendek, senengnya singkatan panjang-panjang," keluh Jokowi, yang kembali disambut tawa oleh seisi ruangan.

Baca Juga: Vlog Terbaru Presiden Jokowi: Perkenalkan Kuliner Indonesia ke Dunia Internasional


 

Topic:

Berita Terkini Lainnya