Comscore Tracker

Jokowi Menang Pilpres 2019, Pemimpin Dunia Ramai-ramai Ucapkan Selamat

KPU umumkan Jokowi sebagai pemenang Pilpres 2019

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi mengumumkan bahwa pasangan petahana Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin memenangkan Pilpres 2019, pada Selasa (21/5) dini hari. Berdasarkan rekapitulasi suara, pasangan yang berkontestasi dengan nomor urut 01 tersebut mengalahkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan selisih suara cukup besar.

Dari total 34 provinsi, keduanya mendapatkan 55,41 persen atau 85.036.828 suara. Sedangkan lawannya memperoleh 44,59 persen atau 68.442.493 suara. Setelah pengumuman ini, sejumlah kepala negara menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi dan Ma'ruf Amin.

1. Singapura

Jokowi Menang Pilpres 2019, Pemimpin Dunia Ramai-ramai Ucapkan SelamatANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Dari Singapura, Presiden Halimah Yacob dan Perdana Menteri  Lee Hsien Long mengucapkan selamat kepada Jokowi-Ma'ruf Amin melalui surat pada Selasa (21/5). Surat tersebut dirilis oleh Kementerian Luar Negeri Singapura.

Dilansir dari Straits Times, Halimah mengatakan, "saya yakin bahwa Anda akan membangun landasan yang kuat untuk menciptakan suatu masa depan yang lebih baik bagi seluruh masyarakat Indonesia."

Ia pun mengaku "percaya diri bahwa ikatan antara kedua negara akan terus kuat di tahun-tahun mendatang".

Sedangkan Lee menilai, kemenangan itu sebagai "mandat yang kuat" dan "mencerminkan rasa percaya warga Indonesia terhadap kepemimpinan yang Anda tunjukkan dan visi Anda untuk mengangkat derajat hidup seluruh masyarakat Indonesia".

2. Malaysia

Jokowi Menang Pilpres 2019, Pemimpin Dunia Ramai-ramai Ucapkan SelamatANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengucapkan selamat kepada Jokowi-Ma'ruf Amin melalui Twitter pada hari yang sama.

"Saya hantarkan ucapan selamat saya kepada Bapak @jokowi atas kemenangan resminya sebagai Presiden Republik Indonesia. Saya harap kerja sama antara dua negara akan tumbuh semakin kuat setelah ini," cuitnya.

Begitu juga dengan Wakil Perdana Menteri Datuk Seri Dr Wan Azizah Ismail. Dalam sebuah pernyataan resmi yang dikutip MalaysiaMail, ia mengatakan, "saya berdoa agar Joko Widodo diberkati dengan kesehatan dan kekuatan untuk menghadapi tantangan-tantangan di masa depan sebagai seorang pemimpin."

3. Australia

Jokowi Menang Pilpres 2019, Pemimpin Dunia Ramai-ramai Ucapkan SelamatANTARA FOTO/Ismar Patrizki

Tak ketinggalan juga Perdana Menteri Australia Scott Morrison. Melalui sebuah cuitan di Twitter pada Selasa (21/5), Morrison menulis, "selamat kepada @jokowi atas terpilihnya Anda kembali sebagai Presiden Indonesia. Indonesia adalah salah satu hubungan strategis paling penting bagi Australia. Kami menantikan ikatan yang lebih selanjutnya dan di seluruh kepentingan-kepentingan bersama kita."

4. India

Jokowi Menang Pilpres 2019, Pemimpin Dunia Ramai-ramai Ucapkan SelamatANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Perdana Menteri India yang sedang menantikan hasil pemilu di negaranya pun turut memberi ucapan selamat melalui Twitter.

"Selamat @jokowi atas terpilihnya Anda kembali! Sebagai dua negara demokrasi yang besar, kita merasakan kebanggaan kolektif dalam perayaan demokrasi yang sukses. Kami berharap Anda dan masyarakat Indonesia meraih kesuksesan di bawah kepemimpinan Anda yang dinamis," tulisnya.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya