Khofifah dan Gus Ipul Bicara Soal Program untuk Perempuan dan Anak

#PilkadaSerentak2018 Untuk isu ini mereka sejalan

Surabaya, IDN Times - Dalam debat Pilgub Jatim edisi terakhir yang diselenggarakan pada Sabtu (23/6), dua kandidat gubernur menegaskan bahwa pendekatan program afirmatif penting untuk pembangunan. Keduanya pun saling adu gagasan untuk mewujudkannya.

1. Pemerintah bisa menyediakan daerah layak anak, perempuan dan difabel

Khofifah dan Gus Ipul Bicara Soal Program untuk Perempuan dan AnakIstimewa

Dalam pendekatan afirmatif di sektor pembangunan, pemerintah daerah punya kesempatan untuk menciptakan lingkungan yang ramah kepada perempuan, anak dan difabel. Ini untuk lebih menyentuh kelompok-kelompok yang rentan baik secara ekonomi maupun sosial.

2. Gus Ipul ingin mendorong semakin banyak wilayah dengan predikat layak perempuan, anak dan difabel 

Khofifah dan Gus Ipul Bicara Soal Program untuk Perempuan dan AnakIstimewa

Gus Ipul yang juga menjadi wakil gubernur mengatakan bahwa di Jawa Timur ada 27 kabupaten dan kota yang mendapatkan predikat kota layak anak. Namun, pemerintah tak boleh puas dengan ini.

“Kita harus mendorong kabupaten/kota lain untuk mendapat predikat yang sama,” ucapnya. Ia pun berujar bahwa dirinya dan Puti pun punya gagasan tentang ini.

“Kami ingin ada daerah ramah perempuan, Musrembang khusus perempuan, anak muda dan kaum difabel. Aspirasi mereka bisa kita serap, kemudian bisa kita susun program sesuai dengan yang mereka inginkan.”

3. Khofifah berharap bisa menjalankan pelayanan lebih komprehensif

Khofifah dan Gus Ipul Bicara Soal Program untuk Perempuan dan AnakIstimewa

Hampir sepakat dengan Gus Ipul, Khofifah menegaskan bahwa ia bertemu dengan sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang mengeluhkan tak adanya Pergub untuk mengatur aktivitas mereka.

“Mereka keluhkan Pergub supaya ada payung hukum bagi mereka yang ingin melakukan pelayanan,” kata Khofifah. “Perlindungan perempuan, anak, difabel harus jadi prioritas. Pemerintah harus bisa melayani lebih komprehensif.”

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya