Comscore Tracker

Penghormatan Salib di Katedral “Diiringi” Adzan dari Masjid Istiqlal

This is Indonesia!

Jakarta, IDN Times - Ada yang menarik dari ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral Jakarta pada (19/4) malam. Ketika prosesi penghormatan salib akan dimulai, suara adzan Isya berkumandang dari Masjid Istiqlal yang berlokasi di seberang gereja.

Tidak ada yang menunjukkan ekspresi terkejut di wajah para umat Katolik seakan ini adalah situasi wajar ketika menjalankan ibadah di Katedral tersebut. Momen ini pun seperti menegaskan bahwa keragaman di Indonesia adalah sesuatu yang harus disyukuri.

Lalu, bagaimana jalannya ibadah Jumat Agung di katedral kemarin? 

1. Penghormatan salib dimulai tepat setelah adzan selesai

Penghormatan Salib di Katedral “Diiringi” Adzan dari Masjid Istiqlal(Gereja Katedral berlokasi di seberang Masjid Istiqlal) www.facebook.com/katedraljakarta

Mengingat begitu banyaknya umat Katolik yang beribadah di Gereja Katedral, maka persiapan untuk menghormati salib memakan waktu beberapa lama.

Setelah semuanya siap dan para jemaat akan maju untuk mencium kaki Yesus di salib, ketika itu juga adzan Isya berakhir. Saat umat Katolik melakukan penghormatan terhadap salib Kristus, pemeluk agama Islam di Masjid Istiqlal bersiap menjalankan salat Isya.

Baca Juga: Ikut Misa Jumat Agung, Menteri ESDM Minta Rakyat Bersatu Usai Pemilu

2. Penghormatan salib dilakukan untuk mengingat pengorbanan Yesus Kristus

Penghormatan Salib di Katedral “Diiringi” Adzan dari Masjid Istiqlal(Prosesi penghormatan salib Yesus Kristus) ANTARA FOTO/Dziki Oktomauliyadi

Upacara penghormatan salib adalah bagian penting dalam ibadah Jumat Agung dalam agama Katolik. Di momen ini, umat Katolik diingatkan akan pengorbanan Yesus dalam menebus dosa-dosa manusia.

Bentuk penghormatannya sendiri adalah dengan mencium kaki patung Yesus yang ada di salib. Dengan ini, umat Katolik diharapkan untuk mengikuti sifat-sifat baik Yesus selama di dunia.

3. Ibadah Jumat Agung berjalan lancar

Penghormatan Salib di Katedral “Diiringi” Adzan dari Masjid Istiqlal(Suasana ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral) IDN Times/Rosa Folia

Secara keseluruhan, rangkaian ibadah Jumat Agung berjalan aman dan tertib. Meski sempat diguyur hujan yang cukup deras pada sore hingga malam hari, tapi warga Katolik tetap berbondong-bondong datang.

Pengamanan pun tampak menarik. Di luar pagar gereja tampak sejumlah anggota Banser yang ikut menjaga jalannya ibadah Jumat Agung. Mereka pun turut mengatur lalu lintas di jalan depan gereja agar lancar.

4. Menteri ESDM Ignasius Jonan mengucapkan terima kasih kepada TNI, Polri dan Banser

Penghormatan Salib di Katedral “Diiringi” Adzan dari Masjid Istiqlal(Menteri ESDM Ignasius Jonan tengah berbicara di Gereja Katedral) IDN Times/Rosa Folia

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan rupanya turut beribadah di Katedral pada pukul 15.00 WIB dan selesai sekitar dua jam kemudian. Ia pun menemui awak media yang sudah menanti.

Jonan mengatakan pemerintah dan aparat menjamin keamanan rangkaian ibadah Tri Hari Suci sejak Kamis (18/4). Salah satunya karena kerja sama yang baik dengan Banser.

“Saya berterima kasih kepada TNI, Polri, juga rekan-rekan dari Banser-Banser, GP Ansor—yang ikut menjaga ketertiban Kebaktian pada hari ini,” kata Jonan.

5. Gereja Katedral mengingatkan pesan Paskah adalah untuk menjaga persatuan

Penghormatan Salib di Katedral “Diiringi” Adzan dari Masjid Istiqlal(Prosesi jalan salib di Gereja Katedral) IDN Times/Rosa Folia

Uskup Gereja Katedral Ignasius Suharyo mengatakan tema Paskah kali ini adalah tentang menjadi umat Katolik yang berhikmat demi membuat bangsa bermartabat.

Menurutnya, berhikmat yang dimaksud adalah menjaga persatuan Indonesia. “Sejarah kita bangsa Indonesia adalah persatuan,” tegasnya. “Paskah berarti memperjuangkan hikmat supaya bangsa kita bermartabat.”

Baca Juga: Dipenuhi Jemaat Misa, Berikut Fakta Gereja Katedral yang Harus Kamu Ketahui

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You