Soal Uang Palu Arit, Rizieq Membantah Sosok di Video adalah Dirinya

Coba pembaca tonton videonya...

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tengah terlibat kasus hukum. Ia dilaporkan karena sebuah video yang merekam ketika dirinya sedang memberi ceramah dan menyebut ada logo palu arit di uang rupiah baru. Namun, menurut polisi, Rizieq membantah itu adalah dirinya.

Rizieq mengklaim orang yang di dalam video itu mirip dia.

Soal Uang Palu Arit, Rizieq Membantah Sosok di Video adalah DirinyaRaisan Al Farisi/POOL

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono berkata bahwa Rizieq Shihab tak mengakui orang yang berbicara dalam video tersebut adalah dirinya. Oleh karena itu, kepolisian masih terus melakukan penyidikan. "Masih sidik. Kalau misalnya orang ditanya ngaku 'iya pak yang melakukan saya' kan enak kita. Kalau ini mangkir (membantah) semua. Jadi kita kan harus buktikan. 'Itu bukan saya, itu mirip saya'. Jadinya kita harus buktikan," ungkap Argo, seperti dikutip dari Merdeka.

Argo sendiri menyebut bahwa pihaknya telah berulang kali menayangkan video yang menjadi alat bukti tersebut kepada Rizieq. Namun, Rizieq tetap bersikeras bahwa orang di video tersebut bukan dia, melainkan orang lain yang mirip dirinya. "'Oh bukan itu mirip saya'. Loh dia yang ngomong. Mirip saya. Ya kita jadi kan harus buktikan. Kita harus benar-benar cari saksi ahli untuk membuktikan video itu yang bersangkutan, gitu lho. Kalau ngaku kan enak," tambah Argo.

Baca Juga: Sebut Ada Palu Arit di Uang Baru, Rizieq Shihab Dipolisikan

Polisi butuh memanggil orang-orang yang hadir dalam ceramah tersebut sebagai saksi.

Soal Uang Palu Arit, Rizieq Membantah Sosok di Video adalah DirinyaRaisan Al Farisi/POOL

Untuk membuktikan apakah orang yang ada dalam video itu benar Rizieq Shihab atau bukan, Argo mengaku kepolisian masih perlu memanggil sejumlah orang yang hadir dalam ceramah sebagai saksi. "Jamaahnya siapa? Kan harus kami buktikan itu siapa? Kalau dia (jamaah) ikut-ikutan 'itu bukan saya' kan repot juga kami. Makanya tidak bisa secepatnya. Saat ini masih penyidikan," jelas Argo.

Selain perlu memanggil peserta ceramah, Argo juga berkata pihaknya meminta keterangan kepada sejumlah ahli seperti ahli telematika dan bahasa. "Kami harus bisa buktikan, kalau pembuktiannya sumir kan repot. Pokoknya jaring saksi ahli sebanyak mungkin tapi pelan-pelan," kata Argo.

Meski begitu, Rizieq Shihab pernah tercatat menyebut ada logo palu arit di uang rupiah yang baru.

Soal Uang Palu Arit, Rizieq Membantah Sosok di Video adalah DirinyaIsra Triansyah/POOL

Pada 11 Januari 2017 lalu Rizieq Shihab sempat berkata bahwa dirinya akan melaporkan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) ke Mabes Polri. Laporan itu, menurut Rizieq, terkait dengan logo yang tertera di uang rupiah terbaru. Rizieq menilai logo itu adalah palu arit.

Begitu juga ketika ia menjalani pemeriksaan pertama pada 23 Januari 2017. Kala itu Rizieq diperika sebagai saksi. "Kenapa Bank Indonesia memilih rectoverso dengan bentuk mirip palu arit. Nah ini yang kita protes," kata Rizieq usai keluar dari ruangan Polda Metrojaya. Tak sampai di situ, Rizieq juga sempat meminta pemerintah menarik uang rupiah baru tersebut.

Baca Juga: Rizieq Diperiksa Soal Uang Palu Arit, Pengacara Sebut Pemerintah Anti Kritik

Topik:

Berita Terkini Lainnya