Comscore Tracker

WNI Korban Jatuhnya Pesawat Ethiopian Airlines Bernama Harina Hafitz

Semoga diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa...

Jakarta, IDN Times - Nasib tragis menimpa Harina Hafitz, seorang warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban jatuhnya pesawat Boeing 737 Max 8 milik maskapai Ethiopian Airlines pada Minggu (10/3).

Harina merupakan seorang staf di World Food Programme (WFP) yang berada di Roma, Italia. Informasi ini dikonfirmasi oleh Government Partnership Officer WFP Diandra Pratami ketika dihubungi melalui email oleh IDN Times pada Senin (11/3).

"Kami konfirmasi bahwa Ibu Harina Hafitz, staf World Food Programme di Roma, Italia, berada dalam pesawat Ethiopian Airlines tersebut. WFP telah menghubungi keluarga dan menawarkan dukungan semaksimal mungkin," tulis Diandra.

Ia dan enam orang staf lainnya sebenarnya dijadwalkan berangkat dari Roma menuju Nairobi, Kenya pada Sabtu (9/3). Sebelum mencapai Nairobi, pesawat yang ditumpanginya harus transit terlebih dulu di ibu kota Ethiopia, Addis Ababa.

1. Direktur WFP mengucapkan belasungkawa

WNI Korban Jatuhnya Pesawat Ethiopian Airlines Bernama Harina HafitzFacebook/Tresnowati Soendoro

Menyusul dikonfirmasinya kabar bahwa staf WFP termasuk yang meninggal dalam insiden tersebut, Direktur Eksekutif WFP David Beasley mengucapkan belasungkawanya. Melalui Twitter, Beasley menulis:

Keluarga WFP berduka hari ini -- staf @WFP adalah yang termasuk dari mereka yang terbang dengan Ethiopian Airlines. Kami akan melakukan apapun yang memungkinkan secara kemanusiaan untuk membantu seluruh keluarga korban di saat memilukan ini. Mohon doakan mereka.

Baca Juga: 2 Hari Sebelum Pesawat Ethiopia Airlines Jatuh, AS Rilis Peringatan

2. Keluarga Harina mengenang kepergian perempuan berusia 60 tahun itu

WNI Korban Jatuhnya Pesawat Ethiopian Airlines Bernama Harina HafitzFacebook/Tresnowati Soendoro

Melalui akun Facebook pribadinya, sepupu Harina bernama Tresnowati Soendoro mengungkapkan rasa sedih sekaligus doanya:

Innalillahi wa inna illaihi rojiuun...
Selamat jalan adik sepupuku Ina (Harina Hafitz)......
In shaa Allah mendapat tempat terindah disisi Nya bersama almh tante Sari & alm om Hafitz
Al Fatihah....🙏

Terlalu banyak kenangan manis dimasa kecil, teman seperjalanan 2 minggu around the world & terakhir ketemuan November 2017

#EthiopianAirlines
#WorldFoodProgram
#PBB

3. Saksi mata mengungkapkan pesawat mendadak berubah haluan dan meluncur bebas dalam kondisi terbakar

WNI Korban Jatuhnya Pesawat Ethiopian Airlines Bernama Harina Hafitzunsplash.com/samuel tan

CNN mengutip kesaksian seorang warga setempat bernama Gebeyehu Fikadu. Ia mengatakan bahwa pesawat tersebut "mendadak berubah arah dan meluncur" serta mengeluarkan asap tebal ketika terjun bebas.

"Saya berada di pegunungan sekitar saat saya melihat pesawat itu mencapai gunung sebelum putar balik dengan asap tebal di bagian belakang kemudian jatuh di sana," ujar Gebeyehu, yang kala itu sedang mengumpulkan kayu bakar bersama tiga warga lainnya.

"Badan pesawat itu jatuh dengan ledakan besar. Ketika jatuh, koper-koper dan baju-baju yang ada terbakar. Sebelum jatuh, pesawat itu mendadak berubah arah dan meluncur dengan banyak asap serta mengeluarkan suara sangat keras yang memekakkan telinga sebelum jatuh ke tanah," lanjutnya.

Tak ada korban selamat di mana sebanyak 157 orang tewas, termasuk 149 penumpang dan delapan kru kabin, tewas dalam tragedi tersebut.

Baca Juga: Boeing 737 Max 8 Jatuh Lagi, Garuda Lakukan Inspeksi Ekstra

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya