Banyak Didatangi Tamu, Rumah Pilot Sriwijaya Air Disemprot Disinfektan

Perumahan Kapten Afwan masuk zona merah di Kabupaten Bogor

Bogor, IDN Times - Sudah seminggu belakangan, Kelurahan Sukahati, Kecamatan Cibinong ditetapkan sebagai zona merah penularan COVID-19 di Kabupaten Bogor. Sehingga pengawasan penularan virus corona menjadi prioritas Satgas COVID-19 Kabupaten Bogor.

Kediaman Kapten Afwan, Pilot pesawat Sriwijaya Air SJ 182 juga tidak luput dari pengawasan petugas. Bahkan petugas rutin lakukan penyemprotan disinfektan di sekitar lokasi untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19.

1. Lokasi perumahan Kapten Afwan sudah seminggu masuk zona merah

Banyak Didatangi Tamu, Rumah Pilot Sriwijaya Air Disemprot DisinfektanPetugas saat menyemprotkan cairan disinfektan. (IDN Times/Rubiakto)

Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Sukahati, Tati Hartati mengatakan lokasi kediaman keluarga Kapten Afwan di Perumahan Bogor Cibinong Endah (BCE) sudah masuk zona merah seminggu belakangan. 

"Kalau di Kelurahan Sukahati, Perumahan BCE ini masuk ke dalam zona merah penyebaran wabah COVID-19 karena ada 3 kasus di mana 2 orang terpapar dan 1 orang lainnya meninggal karena wabah COVID-19," kata dia, Selasa (12/1/2021).

Baca Juga: Sebelum Berangkat, Pilot Sriwijaya Kapten Afwan Minta Maaf ke Keluarga

2. Disemprot disinfektan setiap dua jam sekali

Banyak Didatangi Tamu, Rumah Pilot Sriwijaya Air Disemprot DisinfektanBupati Bogor Ade Yasin mengunjungi rumah duka Pilot Sriwijaya Air, Kapten Afwan pada Minggu (10/1/2021) (IDN Times/Rubiakto)

Hartati menerangkan karena di kediaman Kapten Afwan banyak tamu yang bersilaturahmi maka durasi penyemprotannya ditambah. Hal tersebut sebagai kewaspadaan karena banyaknya tamu yang datang ke sana.

"Kalau di tempat lain kalau yang sepi paling sehari sekali, sedangkan yang kerap dikunjungi tamu maka setiap dua jam sekali kami melakukan penyemprotan zat disinfektan," terangnya.

Tati menuturkan selama penyemprotan disinfektan dalam seminggu terakhir di Perumahan BCE, tidak ada penolakan dari masyarakat sekitar.

"Status zona merah penyebaran wabah COVID-19 di Perumahan BCE ini baru seminggu, selama itu juga kami disambut baik karena mereka sadar yang kami lakukan ini dalam rangka mencegah penyebaran wabah COVID-19," tutur dia.

3. Tamu yang datang ke rumah Kapten Afwan juga diukur suhu tubuh

Banyak Didatangi Tamu, Rumah Pilot Sriwijaya Air Disemprot DisinfektanBupati Bogor Ade Yasin mengunjungi rumah duka Pilot Sriwijaya Air, Kapten Afwan pada Minggu (10/1/2021) (IDN Times/Rubiakto)

Dihubungi terpisah, Zakaria (29), relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) PMI Kabupaten Bogor menjelaskan selain Satgas Penangganan COVID-19 Kelurahan Sukahati, jajarannya juga rutin melakukan penyemprotan zat disinfektan di kediaman Kapten Afwan.

"Kami ditugaskan khusus oleh PMI Kabupaten Bogor untuk rutin menyemprotkan zat disinfektan, mengukur suhu tubuh tamu dan memastikan dilaksanakannya protokol kesehatan (Prokes) COVID-19," jelas Zakaria. 

4. Bupati Bogor hingga komedian Komeng datang ke rumah Kapten Afwan untuk menguatkan keluarga

Banyak Didatangi Tamu, Rumah Pilot Sriwijaya Air Disemprot DisinfektanKomeng saat kunjungi rumah Kapten Afwan (IDN Times/Rubiakto)

Sejak pesawat Sriwijaya Air SJ-182 hilang kontak pada Sabtu (9/1/2021), kediaman pilot Sriwijaya Air Kapten Afwan di Perum Bumi Cibinong Endah, Cibinong, Kabupaten Bogor tak henti-hentinya dikunjungi para tamu. 

Bupati Bogor, Ade Yasin datang ke kediaman Kapten Afwan untuk bertemu dengan pihak keluarga pada Minggu (10/1/2021). Ade memberikan dukungan moril kepada istri dan anak-anak Kapten Afwan.

Komedian senior Alfiansyah Bustami atau yang populer dengan nama Komeng, juga tampak mengunjungi kediaman Kapten Afwan pada Senin (11/1/2021).

"Kedatangan kita ke sini bersama anggota PMI Kabupaten Bogor lainnya, bertujuan untuk memberikan semangat kepada pihak keluarga, dan turut berbela sungkawa," kata Komeng yang datang mengenakan baju berwarna biru dongker bertuliskan Palang Merah Indonesia (PMI).

Tak hanya itu, kedatangan Komeng ke kediaman Kapten Afwan juga turut mengecek protokol kesehatan COVID-19. Sebab, saat ini banyak masyarakat berdatangan ke sana usai insiden jatuhnya pesawat Sriwijaya Air.

"Ini kan wilayah kami dari PMI Kabupaten Bogor, jadi kita di sini terapkan protokol kesehatan COVID-19. Kita bersama-sama datang ke sini bersama kepala wakil dan kepala markas PMI," tuturnya.

Komeng yang juga merupakan Ketua tenaga sukarela (TRS) Unit Komando Pelawak (KOPLAK) PMI Kabupaten Bogor berharap keluarga Kapten Afwan diberikan ketabahan atas musibah yang telah dialami.

"Semoga diberikan ketabahan, dan semoga Kapten Afwan bisa segera ditemukan dengan keadaan selamat," katanya.

Baca Juga: Mengenang Kapten Afwan, Pilot Sriwijaya Air yang Rajin Beribadah

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya