Comscore Tracker

Bupati Bogor: ASN yang Mudik Diam-diam Wajib Tes Swab!

ASN yang ketahuan mudik akan diberi sanksi

Bogor, IDN Times - Bupati Bogor Ade Yasin meminta aparatur Sipil Negara (ASN) di Wilayah Pemerintah Kabupaten Bogor yang melakukan mudik lebaran untuk menjalani swab test.

“Kalau yang mudik diam-diam saya minta kesadarannya sebelum masuk kerja swab dulu, karena kan tidak semua bisa kita pantau,” kata Ade Yasin, Senin (17/5/2021).

1. ASN yang kedapatan mudik akan diberi sanksi

Bupati Bogor: ASN yang Mudik Diam-diam Wajib Tes Swab!Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) membentangkan tangan untuk jaga jarak sebelum melakukan halal bihalal yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bogor di Kantor Bupati Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (17/5/2021) (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor itu juga meminta agar ASN yang ketahuan mudik lebaran tidak hanya diharuskan swab test, tapi juga diberikan sanksi berat dan ringan yang akan langsung diserahkan ke Badan Kepegawaian Kabupaten Bogor

“Belum ada, saya minta kalau memang ada harus ditindak, karena kan tidak semua bisa kita pantau, kalau ketahuan pasti akan kami sanksi,” ujar Ade.

Selain itu, Ade juga mengaku akan memantau kehadiran ASN di hari pertama masuk kerja melalui meeting virtual.

“Saya instruksikan hari ini semua dinas harus melaporkan pegawainya, karena kami ingin tahu kehadiran ASN di hari pertama ini berapa persen nanti akan kami pantau via Zoom Meeting,” lanjutnya.

Baca Juga: Beri Contoh ke Warga, Bupati Bogor Salat Idul Fitri di Rumah Dinas

2. Bupati juga minta ASN lakukan isolasi mandiri

Bupati Bogor: ASN yang Mudik Diam-diam Wajib Tes Swab!Bupati Bogor Ade Yasin (Instagram.com/ademunawarohyasin)

Ade juga meminta kepada pegawai yang nekat melakukan mudik lebaran untuk melakukan isolasi mandiri sebelum kembali bekerja.

“Bagi mereka yang lolos mudik agar sebelum bekerja tolong diperiksa dulu di Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes), dan melakukan isolasi mandiri selama lima hari,” kata Ade Yasin.

Hal tersebut dia minta untuk mengantisipasi adanya penyebaran COVID-19 yang dibawa oleh pemudik ke tempat kerja mereka khususnya di Kabupaten Bogor.

3. Pemkab Bogor klaim telah antisipasi pemudik secara maksimal

Bupati Bogor: ASN yang Mudik Diam-diam Wajib Tes Swab!Ilustasi. (ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar).

Selain itu, Ade Yasin menyebut, pihaknya telah melakukan langkah-langkah maksimal untuk mengantisipasi adanya pemudik yang melintas ke wilayah Kabupaten Bogor.

“Kami memang konsentrasi di situ, jadi memang kita batasi baik H- (arus mudik) maupun H+ Idul Fitri itu karena arus padat ke Bogor jadi kita mesti antisipasi seperti putar balik,” jelasnya.

Selain memutarbalikkan pemudik yang melintasi Kabupaten Bogor, dia juga berupaya untuk menekan angka COVID-19 dengan cara memperketat wisatawan yang datang ke tempat wisata di Kabupaten Bogor.

“Karena wisata di kita lebih untuk warga lokal saja karena untuk mengantisipasi lonjakan klaster-klaster di lokasi wisata makannya kita prioritaskan wisata untuk warga lokal saja,” paparnya. 

Baca Juga: Antisipasi Arus Balik Mudik, Akses Tol Menuju Kota Bogor Direkayasa

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya