Dirut RS Ummi: Saya Bingung Dilaporkan Bima Arya Terkait Rizieq Shihab

RS Ummi klaim selalu berkoordinasi dengan Wali Kota Bogor

Bogor, IDN Times - Penyidikan kasus yang melibatkan RS Ummi terus berlanjut. Direktur Umum RS Ummi, Najamuddin menyampaikan direksi rumah sakit sudah dua kali dipanggil Polresta Bogor.

"Sebagai warga negara yang baik, kami penuhi panggilan Polresta," kata Najamudin saat dihubungi di Bogor, Sabtu (19/12/2020).

Diketahui, manajemen RS Ummi dilaporkan Satgas COVID-19 Kota Bogor karena dinilai menghalangi upaya Satgas melakukan swab test terhadap pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang dirawat di rumah sakit tersebut. 

1. RS Ummi klaim selalu berkoordinasi dengan Wali Kota Bogor Bima Arya

Dirut RS Ummi: Saya Bingung Dilaporkan Bima Arya Terkait Rizieq Shihab(Wali Kota Bogor Bima Arya) IDN Times/Margith Juita Damanik

Menurut Najamudin, masalah yang dituduhkan selama ini lantaran RS Ummi tidak berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 Kota Bogor. Namun dia membantah tuduhan tersebut.

Najamudin mengaku dia sendiri yang berkoordinasi langsung dengan Wali Kota Bogor, Bima Arya. 

"Saya bingung, saya selalu koordinasi langsung dengan wali kota, secara pribadi maupun secara direksi. Tapi kenapa dia (Bima Arya) malah melaporkan, dengan tuduhan tidak berkoordinasi," katanya.

Najamuddin mengatakan, pertanyaan yang diajukan penyidik sejauh ini terkait Rizieq Shihab saat datang RS Ummi. Dia dipanggil atas nama direksi RS Ummi dan sebagai Najamudin pribadi. 

"Pertanyaannya seputar kedatangan sampai pulang Habib Rizieq Shihab," kata Najamudin.

2. Polresta Bogor belum tetapkan tersangka dalam kasus RS Ummi

Dirut RS Ummi: Saya Bingung Dilaporkan Bima Arya Terkait Rizieq ShihabGedung Rumah Sakit UMMI Bogor, Jawa Barat (Dok. Rumah Sakit UMMI Bogor)

Sebelumnya Kapolresta Bogor, Kombes Pol Hendri Fiuser menyampaikan pihaknya masih melakukan proses penyidikan. Pihaknya juga mengaku telah memanggil sejumlah saksi. 

"Sudah beberapa yang dipanggil, kita sudah panggil dokter, dan saksi ahli untuk dimintai keterangannya," kata Hendri.

Dia juga menyampaikan Polresta Bogor juga belum bisa menetapkan tersangka karena proses penyelidikan masih terus berjalan. "Pada tahap penyelidikan kita tidak bisa memaksakan keterangan, di tahap penyidikan (Polresta Bogor) akan melakukan upaya paksa lainnya terkait pasal tersebut," kata Kombes pol Hendri. 

Diketahui pasal yang disangkakan kepada RS Ummi adalah Undang-undang penanggulangan wabah penyakit menular. 

3. Kasus RS Ummi dan tiga kasus pelanggaran protokol kesehatan lainnya diambil alih Bareskrim

Dirut RS Ummi: Saya Bingung Dilaporkan Bima Arya Terkait Rizieq ShihabPemimpin Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab tiba Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/12/2020) (ANTARA FOTO/Fauzan)

Bareskrim Polri mengambil alih empat kasus terkait pelanggaran protokol kesehatan, termasuk kasus terkait manajemen Rumah Sakit (RS) Ummi, Bogor, Jawa Barat, yang dilaporkan Satgas COVID-19 Kota Bogor karena dinilai menghalangi upaya Satgas melakukan swab test terhadap Rizieq Shihab yang dirawat di rumah sakit tersebut.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen (Pol) Andi Rian R Djajadi mengatakan, kasus pelanggaran protokol kesehatan dalam acara yang dihadiri Rizieq di kawasan Megamendung, Puncak, Bogor, Jawa Barat, pada 13 November 2020, juga diambil alih. Kedua kasus itu sudah ditingkatkan ke tahap penyidikan karena polisi menemukan adanya dugaan tindak pidana. Namun, belum ada tersangka yang ditetapkan.

Kasus lainnya adalah kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan di Kabupaten Tangerang, Banten. Kasus ini masih dalam tahap penyelidikan.

Kasus terakhir adalah dugaan pelanggaran protokol kesehatan dalam acara pernikahan putri Rizieq dan peringatan Maulid Nabi di Petamburan, Jakarta Pusat, pada 14 November 2020. Polisi telah menetapkan Rizieq dan lima orang lainnya sebagai tersangka dalam kasus ini.

 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya