Ini Rumah Sakit di Kabupaten Bogor yang Sediakan Rapid Test Antigen 

Wisatawan wajib menunjukkan surat bebas COVID-19

Bogor, IDN Times - Sejumlah Rumah Sakit di Kabupaten Bogor telah menyediakan fasilitas pemeriksaan Rapid Test Antigen untuk masyarakat yang membutuhkan surat bebas COVID-19. 

Jubir Satgas COVID-19 Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan menyampaikan terdapat 11 Rumah Sakit di Kabupaten Bogor yang menyediakan fasilitas Rapid Test Antigen.

Berikut daftarnya.

1. Ada 11 rumah sakit di Kabupaten Bogor yang menyediakan Rapid Test Antigen

Ini Rumah Sakit di Kabupaten Bogor yang Sediakan Rapid Test Antigen Warga mengikuti rapid tes antigen di Rest Area KM 19 Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (23/12/2020). Rapid tes gratis yang diselenggarakan oleh kepolisian itu bertujuan untuk menekan angka penyebaran COVID-19 di masa mudik Natal dan tahun baru (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Irwan mengatakan, Kabupaten Bogor tidak menyediakan Rapid Test Antigen bagi masyarakat yang ingin berwisata di Kabupaten Bogor. Namun, sudah terdapat 11 rumah sakit yang siap melayani Rapid Test Antigen.

"Berdasarkan data sementara yang saya peroleh dari Dinkes Kabupaten Bogor terdapat 11 RS yang menyediakan pemeriksaan Rapid Test Antigen," kata Irwan.

Berikut daftarnya:

1. RS EMC

2. RS FMC

3. RS SENTRA MEDIKA

4. Eka hospital

5. RS BINA HUSADA

6. RSIA Kenari Graha Medika

7. RS Harapan Sehati

8. RS MH Thamrin Cileungsi

9. RS Pena 98

10. RS Trimitra

11. RS KBP

Baca Juga: Daftar Rumah Sakit yang Layani Rapid Test Antigen di Bogor

2. Wisatawan harus miliki surat bebas COVID-19

Ini Rumah Sakit di Kabupaten Bogor yang Sediakan Rapid Test Antigen Antrean kendaraan dalam kemacetan di jalur wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/12/2020). Pada libur nasional Pilkada Serentak 2020 ini jalur Puncak Bogor terpantau padat, ramai dan lancar sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa lalu lintas dengan sistem buka tutup jalur (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Sebelumnya, Bupati Bogor Ade Yasin menyarankan kepada pengelola tempat wisata agar hanya menerima wisatawan yang telah memiliki surat bebas COVID-19. Sehingga bagi wisatawan yang tidak mampu menunjukkan surat tersebut tidak diperkenankan masuk ke kawasan Kabupaten Bogor.

"Bebas suratnya Rapid Antigen atau yang lain, seperti kita naik pesawat kita kan juga diwajibkan memiliki itu," kata Ade Yasin.

Untuk pengawasan nantinya tim gugus tugas yang akan keliling mengawasi lokasi wisata dan hotel.

3. Kabupaten Bogor Dijaga 2.180 personel untuk amankan Natal dan Tahun Baru

Ini Rumah Sakit di Kabupaten Bogor yang Sediakan Rapid Test Antigen Petugas melakukan pemantauan CCTV Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru di Posko Natal dan Tahun baru Bandara Soekarno Hatta (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Terpisah, Kabag Ops Polres Bogor, AKP Fitra Zuanda menyampaikan dalam pengamanan Operasi Lilin Lodaya 2020 Polres Bogor menurunkan sebanyak 2.180 personel gabungan.

Dari jumlah tersebut terdiri dari 859 personel Polres Bogor, 200 personel BKO Brimob, 150 personel TNI, 100 personel Dishub, 10 personel Jasa Raharja, 80 personel BPBD, 200 personel Satpol PP, 48 personel Dinkes, 55 personel PMI, 69 personel Damkar, 200 personel Linmas, 100 Anggota Pramuka, 200 personel Linmas, 100 personel JKU Polmas, 50 personel Orari, 5 personel Organda dan 4 personel PLN.

"Dalam pelaksanaan Operasi Lilin Lodaya 2020 Polres Bogor, kami menyiapkan 15 Pospam, 202 Pos gatur, 1 Pos Pelayanan, 3 Pos Rest Area dan 1 Posko Utama dengan menerapkan Protokol Kesehatan 3M," ujar Kabag Ops Polres Bogor AKP Fitra Zuanda.

Baca Juga: Tahun Ini Tidak Ada Perayaan Natal di Gereja Kota Bogor

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya