Hari Terakhir Uji Coba Ganjil Genap, Kawasan Puncak Ramai Lancar

Pengunjung wisata kawasan Puncak tak sepadat dua hari lalu

Bogor, IDN Times - Hari terakhir pekan pertama uji coba ganjil genap menuju kawasan Puncak, Kabupaten Bogor pada Minggu (5/9/2021) pagi terpantau ramai lancar. Tak banyak kendaraan yang diputar balik seperti dua hari lalu.

Petugas gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan lainnya sudah berjaga di Simpang Gadog sejak pukul 08.00 WIB.

1. Tidak ada kendaraan yang lolos dari pemeriksaan

Hari Terakhir Uji Coba Ganjil Genap, Kawasan Puncak Ramai LancarPolisi berjaga saat uji coba penerapan sistem ganjil genap di Jalan Raya Puncak, Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021) (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Pada hari terakhir uji coba ganjil genap ini, kendaraan roda dua maupun roda empat yang akan menuju kawasan Puncak diperiksa petugas.

Kendaraan yang hari ini memilik pelat nomor ganjil dipersilakan melanjutkan perjalanan. Sedangkan, bagi pelat nomor genap langsung diputar balik.

Baca Juga: Kemenhub Dukung Ganjil Genap Mobil dan Motor di Puncak Tiap Weekend

2. Kendaraan yang diputar balik tidak banyak

Hari Terakhir Uji Coba Ganjil Genap, Kawasan Puncak Ramai LancarSejumlah kendaraan dengan tujuan jalur wisata Puncak terjebak kemacetan di Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021) (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Menurut keterangan Kasatpol PP Kabupaten Bogor, Agus Ridho kendaraan yang diputar balik pada pagi hari ini terlihat tidak sebanyak jika dibandingkan pada uji coba ganjil genap dua hari lalu. Arus lalu lintas pun cenderung ramai lancar.

"Hari ketiga ini Alhamdulillah situasinya landai, karena masyarakat yang akan ke Puncak sudah paham, di Tol pun saya lihat landai. Jadi artinya masyarakat sudah tersosialisasikan dengan baik," kata Agus Ridho.

3. Pengunjung wisata kawasan Puncak menurun

Hari Terakhir Uji Coba Ganjil Genap, Kawasan Puncak Ramai LancarPembatasan kendaraan wisatawan di jalur wisata Puncak saat libur Idul Fitri, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/5/2021). Kendaraan yang diperbolehkan melintasi jalur wisata Puncak Bogor hanya kendaraan plat F (Bogor) selain plat tersebut diputar balik petugas sebagai upaya meminimalisir penyebaran COVID-19 di area wisata (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Di samping itu, terkait kondisi secara umum di kawasan Puncak dibandingkan dengan akhir pekan lalu cukup mengalami penurunan.

Agus berharap masyarakat terus memahami kondisi saat ini agar tidak terjadi kerumunan yang berpotensi kembali melonjaknya angka COVID-19 di Kabupaten Bogor.

"Kita kan baru Level 3, kita masih berjuang ke Level 2. Kita berharap kepatuhan dan ketaatan masyarakat menjaga protokol kesehatan, tidak berkerumun kita akan terus tekan COVID-19 di Bogor ini," kata Agus.

Baca Juga: Ganjil Genap Bakal Berlaku di Puncak Bogor hingga Cianjur

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya