Haris Azhar: Sentul City Serobot Tanah Rocky Gerung dengan Cara Curang

Kasus Rocky Gerung pintu masuk ungkap kejahatan Sentul City

Bogor, IDN Times - Sentul City sempat dua kali mensomasi Rocky Gerung atas tuduhan mempertahankan tanah yang bukan miliknya.

Namun di balik itu, pengacara Rocky Gerung, Haris Azhar mengatakan kasus yang dialami kliennya merupakan salah satu kasus dari praktik masif penyerobotan lahan yang sudah berlangsung lama.

1. Sentul City disebut ambil tanah warga dengan cara curang

Haris Azhar: Sentul City Serobot Tanah Rocky Gerung dengan Cara CurangIDN Times/Margith Juita Damanik

Menurut Haris Azhar, upaya tersebut merupakan ulah Sentul City yang berupaya untuk menyerobot tanah dengan materi-materi yang curang, baik dari sisi hukum dan administrasi maupun dari sisi hukum pertanahan.

"Saya mau mengawalinya dari kasus bang Rocky, saya tegaskan kasus bang Rocky atau penyerobotan tanah ini jelas berpotensi ada banyak pelanggaran," kata Haris Azhar.

Dia mengatakan, PT Sentul City mengeluarkan HGB itu tidak dengan ketertiban administrasi, maka jika mengklaim punya tanah 800 meter tersebut seharusnya PT Sentul City memiliki dokumen yang menyatakan bagaimana memperoleh tanah tersebut.

"Tanah ini tidak pernah putus dimiliki dan digunakan dan dikuasai oleh Rocky Gerung maupun orang sebelum Rocky Gerung yang sejak tahun 60-an," kata Haris Azhar.

Baca Juga: Kronologi Rocky Gerung Disomasi Sentul City soal Tanah di Bogor

2. Rocky Gerung ingin kasusnya jadi pintu masuk mengungkap kejahatan Sentul City

Haris Azhar: Sentul City Serobot Tanah Rocky Gerung dengan Cara CurangRocky Gerung (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Rocky Gerung mengatakan sebetulnya penguasa ingin memisahkan kasus ini dengan kasus rakyat.

"Jadi sekali lagi bukan kasus saya, saya menyediakan kasus ini sebagai pintu masuk untuk membuka segala macam kejahatan yang disembunyikan Sentul City. Kalau sekarang orang mulai melihat bahwa dibuat diam sedemikian rupa sehingga seolah-olah hak Sentul City nggak boleh diganggu gugat. Padahal dari awal Sentul City ini masalahnya banyak banget," kata Rocky.

Rocky mengaku mulai pindah ke rumahnya di Desa Bojong Koneng sejak 2009 dan mulai menanam pohon mulai dari 20 cm. Menurut dia, lahan garapan tersebut memang semula kosong.

"Jadi selain saya mempertahankan hak saya dan hak masyarakat di sini. Saya mempertahankan hak pohon untuk tetap jadi sarang burung, hak air untuk mengalir sampai ke dapur emak-emak di Bojong Koneng, itu kan dihalangi oleh Sentul," kata Rocky Gerung.

3. Warga merasa dibohongi

Haris Azhar: Sentul City Serobot Tanah Rocky Gerung dengan Cara CurangIDN Times/Fitang Budhi

Sementara itu, salah satu warga, Ade Emon merasa resah, bahkan penggusuran dilakukan begitu saja.

"Karena dari Sentul City dari dulu cuma omong doang warga mau dibebaskan haknya tapi sampai sekarang belum ada pembebasan lahan," katanya.

Dia juga mengatakan klaim Sentul City yang sudah didukung warga selama ini bohong. 

"Ada pro dan kontra tapi kebanyakan mereka yang mendukung dibayar, yang ada masyarakat merasa terancam, resah. Di Bojong Koneng ada 2 RW, sekitar 6000 orang, RW08 dan RW 11, yang terancam di gusur," kata Ade Anom.

Baca Juga: Rocky Gerung Disomasi Sentul City, Diminta Gusur Rumahnya Sendiri

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya