Comscore Tracker

Jemaah Naqsabandiyah Bogor Sudah Salat Ied Sejak Kemarin

Karena pandemik COVID-19, jemaah yang datang lebih sedikit

Bogor, IDN Times - Jemaah tarekat Naqsabandiyah di Bogor ternyata sudah melakukan salat Idulfitri (Ied) pada Selasa kemarin (11/5/2021). Mereka menggelarnya di Rumah Ibadah Suluk Darussalam, Kampung Pasirjaya, Desa Pasirjaya, Kecamatan Cigombong.

Memang, lokasi ini merupakan Pusat Kajian Jemaah tarekat Naqsabandiyah Jawa Barat sejak 2006 silam.

Baca Juga: Jemaah Naqsabandiyah Idul Fitri Hari Ini, Salat Id Pakai Prokes Ketat

1. Lebaran lebih dulu

Jemaah Naqsabandiyah Bogor Sudah Salat Ied Sejak KemarinJemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah melaksanakan Salat Id 1439 H di Rumah Ibadah Suluh Darussalam, Kampung Pasir Jawa, Cigombong, Bogor, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Jamaah Naqsabandiyah memang kerap kali berbeda pendapat dengan keputusan pemerintah untuk menentukan waktu awal puasa dan Idulfitri. Seperti Idulfitri 1442 mereka menetapkan jatuhnya 1 Syawal lebih awal dari yang telah ditetapkan pemerintah.

"Kami kemarin (Selasa 11 Mei 2021) sudah melakukan salat Ied," kata salah satu petugas di Rumah Ibadah Suluk Darussalam, Yusri, Rabu (12/5/2021)

2. Jemaah yang datang lebih sedikit

Jemaah Naqsabandiyah Bogor Sudah Salat Ied Sejak KemarinGerbang Rumah Ibadah Suluk Darussalam, Kampung Pasir Jawa, Loji, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. (IDN Times/Rubiakto

Jemaah yang datang di salat Ied kali ini, menurut Yusri, lebih sedikit ketimbang tahun sebelumnya. Larangan mudik hingga pembatasan perjalanan selama lebaran di pandemik COVID-19 menjadi penyebab utama. Padahal, biasanya banyak jemaah Naqsabandiyah dari luar kota untuk melakukan salat Ied bersama di Rumah Ibadah Suluk Darussalam.

"Tidak banyak yang datang dari luar kota. Mungkin karena pandemi, jadi ada pembatasan jemaah," kata Yusri.

3. Ada tiga pusat kajian Naqsabandiyah di Indonesia

Jemaah Naqsabandiyah Bogor Sudah Salat Ied Sejak KemarinRumah Ibadah Suluk Darussalam, Kampung Pasir Jawa, Loji, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. (IDN Times/Rubiakto)

Selain Rumah Ibadah Suluk Darussalam di Cigombong, masih ada dua tempat lainnya yang menjadi Pusat Kajian Naq­sabandiyah Al Kholidiyah Jala­liyah di Indonesia. 

Yakni Ban­darrejo Simalungun, Sumatera Utara, dan Kandis di Riau. Dua lokasi itu juga menjadi pusat kajian aliran tarekat yang berpe­gang teguh pada Madzhab Imam Syafi’ie tersebut.

Di Sumatera Utara, jemaah Naqsabandiyah baru menggelar salat Ied hari ini. Tentu, ini menarik karena kebijakan dalam satu tarekat Naqsabandiyah berbeda.

Baca Juga: Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Sumut Gelar Salat Idul Fitri Hari Ini

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya