Comscore Tracker

Kasus COVID-19 di Kota Bogor Melonjak, Pemkot Minta Warga Patuhi PPKM 

Sehari tambah 562 kasus

Bogor, IDN Times – Jumlah kasus positif COVID-19 di Kota Bogor semakin melonjak, salah satunya disebabkan karena masuknya varian delta. 

Wakil Walikota Bogor, Dedie A Rachim, meminta masyarakat terus mematuhi PPKM Darutat yang telah diberlakukan di Kota Bogor agar virus corona tidak semakin meluas.

1. Pemkot belum bisa mendeteksi varian delta

Kasus COVID-19 di Kota Bogor Melonjak, Pemkot Minta Warga Patuhi PPKM Infografis Varian Baru COVID-19 B177 (Varian Kent) (IDN Times/Arief Rahmat)

Masuknya virus corona varian delta memaksa masyarakat untuk lebih ekstra hati-hati terhadap penularan COVID-19 di Kota Bogor. Penerapan PPKM menjadi penting untuk dipatuhi.

Pasalnya Pemkot Bogor belum mengetahui secara detail berapa banyak warga yang terpapar Covid-19 varian delta. 

"Yang bisa melakukan genome sequencing test hanya Balitbangkes, LIPI, Lembaga Eykmen. Secara detail kami belum tahu berapa banyak dari sample warga Kota Bogor yang terpapar," kata Dedie A Rachim saat dihubungi, Selasa (6/7/2021).

Baca Juga: Bupati Bogor Gelisah, Klaim BPJS Kesehatan Rp261 Miliar Belum Dibayar

2. Pemkot Bogor minta warga dukung PPKM Darurat

Kasus COVID-19 di Kota Bogor Melonjak, Pemkot Minta Warga Patuhi PPKM Pembatasan jalan di Kota Bogor selama masa PSBB (Dok. Humas Kota Bogor)

Guna mencegah penyebaran virus corona varian delta, Dedie A Rachim meminta masyarakat mendukung langkah PPKM Darurat sebagai langkah strategis memutus rantai COVID-19 di Kota Bogor. 

Pihaknya juga mengatakan masyarakat harus lebih ketat melaksanakan protokol kesehatan, dengan memakai masker dobel untuk meminimalisir penularan.

"Jangan kita membuang buang waktu sehingga akhirnya sia-sia seluruh daya upaya bersama ini," tukas Dedie A Rachim.

3. Penularan di Kota Bogor pecahkan rekor

Kasus COVID-19 di Kota Bogor Melonjak, Pemkot Minta Warga Patuhi PPKM Ilustrasi tim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 mengusung jenazah pasien positif COVID-19. (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Penambahan kasus harian COVID-19 di Kota Bogor kembali menyentuh angka tertinggi. Jika sebelumnya penambahan kasus tertinggi harian berada di angka 450 dalam sehari, kini angkanya mencapai 562 kasus dalam satu hari.

"Pada Senin 5 Juli 2021, angka penambahan kasus harian Covid-19 Kota Bogor berjumlah 562 kasus. Jumlah ini yang paling tertinggi selama pandemi Covid-19 di Kota Bogor," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno, Selasa (6/7/2021).

Sri Nowo Retno yang juga menjabat sebagai Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Bogor menjelaskan dengan penambahan itu jumlah akumulatif kasus Covid-19 Kota Bogor mencapai 22.664 kasus.

"Sebanyak 22.664 kasus ini terdiri dari, 5378 orang masih dalam perawatan, 16.995 pasien dinyatakan sembuh, dan 291 orang dinyatakan meninggal dunia karena Covid-19," katanya.

Baca Juga: Syarat Wajib Perjalanan, Begini Cara Download Sertifikat Vaksin COVID

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya