KKP Bantu 5 Ton Ikan Kembung Warga Isoman Bogor

Bantuan untuk warga yang isoman dan terdampak

Bogor, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Satgas Penanganan COVID-19 kembali mendapat bantuan logistik, bagi warga selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Kali ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) memberikan bantuan berupa 5 ton ikan kembung untuk masyarakat Kota Bogor.

Baca Juga: Jempolan, Seperti Ini Cara Warga Depok Beri Perhatian Warga Isoman

1. Sebanyak 8 ribu paket sudah dikemas

KKP Bantu 5 Ton Ikan Kembung Warga Isoman BogorUM Surabaya siapkan paket sehat buat warga yang isoman. Dok. Humas UM Surabaya.

Bantuan tersebut diberikan langsung kepada Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Sekretaris Daerah (Sekda) Syarifah Sofiah, dan Direktur Utama Perumda Pasar Pakuan Jaya Muzakkir di Posko Logistik Gedung Wanita, Kecamatan Bogor Tengah, Rabu (14/7/2021).

"Bantuan ini akan menjadi bagian dari paket bantuan sembako bagi masyarakat terdampak COVID-19. Ada 8 ribu paket yang sudah di-packing. Dan kurang lebih 5 ribu yang sudah di distribusi," kata Dedie.

2. Bantuan untuk warga yang isoman dan terdampak

KKP Bantu 5 Ton Ikan Kembung Warga Isoman BogorIlustrasi isolasi mandiri (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Dedie mengatakan bantuan tersebut akan disalurkan kepada mereka yang melakukan isolasi mandiri atau isoman dan bagi warga yang betul-betul terdampak.

Pemkot, kata Dedie, juga masih menunggu tambahan bantuan dari berbagai pihak. Sebab, kata dia, Pemkot melalui Satgas COVID-19 tidak melakukan pembelian kebutuhan bantuan. Tetapi membuka seluas-luasnya bantuan dari masyarakat.

"Termasuk bantuan dari kementerian, BUMN (Badan Usaha Milik Negara), juga dari pihak-pihak yang membantu menanggulangi permasalahan sosial yang ada di masyarakat saat ini. Kan kita ini bentuknya bantalan, bantuan yang ditujukan untuk kondisi kedaruratan saja," terang dia.

3. Ikan kembung mengandung omega 3

KKP Bantu 5 Ton Ikan Kembung Warga Isoman BogorIlustrasi pepes ikan kembung (yummy.co.id)

Di tempat yang sama, Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu Dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Rina mengatakan, bantuan ini merupakan tindak lanjut dari permintaan Kota Bogor untuk mencukupi asupan pangan dalam masa PPKM Darurat.

"Hari ini kita memberikan 5 ton, mudah-mudahan ke depan masih ada lagi. Kita akan berusaha mencari CSR dari pengusaha perikanan, mudah-mudahan masih ada dan bisa kita ambil untuk diberikan kepada Kota Bogor," kata dia.

Bantuan ini, kata Rina, diharapkan bisa sedikit meringankan beban Pemkot Bogor yang begitu berat. Terutama karena banyaknya warga yang terpapar COVID-19 dan juga tenaga kesehatan (nakes) yang semakin terbatas.

"Ikan kembung ini omega 3-nya lebih tinggi dari ikan salmon. Ikan ini kan sumber protein, kalau kita lihat satu ekor ikan kita hitung yang tidak bisa termanfaatkannya sedikit, dan kalau pintar memasaknya semua bisa dikonsumsi," papar Rina.

Baca Juga: Hore! Pasien Isoman di Bogor, Depok dan Bekasi Bisa Dapat Obat Gratis

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya