Langka! Jalur Puncak Bebas Macet Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2021

Puncak arus balik dari kawasan Puncak diprediksi hari Minggu

Bogor, IDN Times - Jalur menuju kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terpantau lengang selama libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Bisa dibilang ini merupakan momen paling langka, sebab jalur kawasan Puncak dikenal selalu padat hingga menyebabkan kemacetan parah setiap masa liburan.

Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy mengatakan hal tersebut merupakan upaya maksimal Polres Bogor bersama Kodim 0621 dan Pemerintah Kabupaten Bogor, untuk menekan angka penyebaran COVID-19 khususnya di kawasan Puncak. 

Terlebih kawasan Puncak Bogor selalu menjadi primadona para wisatawan setiap akhir pekan, meski masuk dalam zona merah COVID-19.

"Pengetatan akses menuju kawasan Puncak selama libur panjang di tengah pandemi, merupakan solusi tepat. Untuk mencegah kerumunan yang mungkin terjadi dalam peringatan libur Natal dan Tahun Baru 2021," kata AKBP Roland Ronaldy, Jumat (1/1/2021).

1. Operasi yustisi dan pemeriksaan hasil rapid test Antigen dilakukan serentak

Langka! Jalur Puncak Bebas Macet Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2021Jalur Puncak, Bogor, tampak lengang selama libur Natal dan Tahun Baru 2021 (Dok Humas Polres Bogor)

Polres Bogor juga masih melakukan Operasi Yustisi di sejumlah titik yang dilakukan di 31 Polsek jajaran. Polisi memberlakukan aturan ketat mulai dari simpang Gadog hingga Pos Rindu Alam, dengan memberlakukan aturan kewajiban menunjukkan hasil Rapid Test Antigen bagi kendaraan yang akan memasuki kawasan Puncak. 

Sementara, pelaksanaan Rapid Test Antigen gratis digelar di sejumlah titik seperti di beberapa rest area dan simpang Gadog. Sementara Rapid Test Antigen random juga dilakukan di sejumlah tempat wisata.

"Ini adalah langkah nyata dan upaya yang kami lakukan, untuk menekan dan menanggulangi penyebaran COVID-19, serta menciptakan kondusivitas Kamtibmas selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2021," ujar Roland.

Baca Juga: Malam Tahun Baru, Kendaraan Arah Puncak Dikurangi hingga 30 Persen

2. Kepadatan lalu lintas terpantau di Pasar Cisarua dan Megamendung

Langka! Jalur Puncak Bebas Macet Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2021Antrean kendaraan dalam kemacetan di jalur wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/12/2020). Pada libur nasional Pilkada Serentak 2020 ini jalur Puncak Bogor terpantau padat, ramai dan lancar sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa lalu lintas dengan sistem buka tutup jalur (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Sedangkan, Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor Ipda Ardian Novianto mengatakan sempat terjadi kepadatan di dua titik, yakni di Pasar Cisarua sekitar 800 meter dan di Megamendung sekitar 1 kilometer. 

Meski demikian, pihaknya belum memberlakukan sistem oneway menuju Jakarta.

"Antreannya di situ saja (Pasar Cisarua dan Megamendung)," katanya.

Menurut dia, kepadatan tersebut terjadi karena berbarengan dengan waktu check out hotel maupun vila di kawasan Puncak, sehingga banyak wisatawan yang kembali pulang terutama ke arah Jakarta.

"Kemungkinan yang check out sudah banyak sehingga terjadi antrean," tambah Ardian. 

3. Puncak arus balik libur tahun baru di kawasan Puncak diprediksi Minggu 3 Januari 2021

Langka! Jalur Puncak Bebas Macet Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2021Suasana kemeriahan tahun baru dengan latar Masjid Masjid At-Taawun di Puncak, Bogor, Jawa Barat, Senin (1/1/2018) (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Puncak arus balik libur Tahun Baru di kawasan Puncak diprediksi akan terjadi pada Minggu (3/1/2021). Dia pun mengimbau kepada masyarakat yang melintasi Jalur Puncak untuk selalu tertib berlalu lintas.

"Prediksi arus balik di hari Minggu. Kita lihat besok arus ke atas cukup banyak atau tidak, kalau banyak Minggu prediksi puncak arus balik," kata dia.

Baca Juga: Bikin Pesta Tahun Baru di Puncak, Siap-siap Dibubarin!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya