Ojek Online Bogor Dilarang Mangkal di 6 Kawasan Ini, Catat Lokasinya 

Kawasan Bebas Ojek Online di Kota Bogor masih sosialisasi

Bogor, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor bersama petugas gabungan TNI, Polri dan Satpol PP, melaksanakan sosialisasi Kawasan Bebas Ojek Online di Kota Bogor.

Ada 6 titik ruas jalan yang dijadikan Kawasan Bebas Ojek Online di seputaran area jalur Sistem Satu Arah (SSA), yakni jalan Pajajaran, jalan Otista, jalan Ir. H. Juanda, jalan Jalak Harupat, jalan Kapten Muslihat dan jalan Paledang (50 meter dari Simpang jalan Kapten Muslihat).

Bagi para pengemudi atau driver ojek online dilarang untuk 'mangkal' atau berhenti di area tersebut, kecuali untuk antar jemput penumpang.

1. Aturan yang melarang ojek online mangkal sembarangan tertuang dalam Perwali, SK Wali Kota, dan Perda Kota Bogor

Ojek Online Bogor Dilarang Mangkal di 6 Kawasan Ini, Catat Lokasinya Wali Kota Bogor Bima Arya (kiri) bersama aparat gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub Kota Bogor melakukan patroli malam pergantian Tahun Baru 2021 di Jalan Juanda, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (31/12/2020) malam (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Dasar hukum kebijakan ini berdasarkan Permenhub PM 12 tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.

Dalam peraturan tersebut mengatur keteraturan untuk pengemudi dan aplikator dalam memberikan pelayanan kepada penumpang. Salah satunya adalah pengemudi dilarang mangkal di sembarang tempat.

Sementara itu, juga diatur dalam Peraturan Wali Kota Bogor Nomor 21 Tahun 2017 tentang pengawasan dan pengendalian bagi kendaraan roda dua yang menggunakan aplikasi berbasis teknologi informasi di Kota Bogor.

Surat Keputusan Wali Kota Bogor Nomor 665/KEP.445-DISHUB/2021 tentang pembentukan tim pengawasan pengendalian bagi kendaraan roda dua yang menggunakan aplikasi berbasis teknologi informasi di Kota Bogor.

Juga berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Bogor Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Serta Perlindungan Masyarakat (Trantibum).

2. Dishub Kota Bogor pasang spanduk di 6 titik kawasan bebas ojek online

Ojek Online Bogor Dilarang Mangkal di 6 Kawasan Ini, Catat Lokasinya instagram.com/gojekindonesia

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dishub Kota Bogor, RA. Mulyadi mengatakan, pihaknya hari ini melakukan tahap sosialisasi dan pemasangan spanduk di 6 titik mengenai kebijakan Kawasan Bebas Ojek Online.

“Hari ini kami masih tahap sosialisasi dengan memasang spanduk di 6 titik. Kami juga langsung menegur ojek online yang kedapatan mangkal,” katanya.

Karena dasarnya Perda Trantibum Mulyadi mengatakan, sanksinya berupa teguran lisan, teguran tertulis, denda administratif dan atau sanksi sosial.

3. Petugas akan patroli keliling selama masa sosialisasi

Ojek Online Bogor Dilarang Mangkal di 6 Kawasan Ini, Catat Lokasinya Personel Polresta Bogor Kota dan Dishub Kota Bogor mengatur arus lalu lintas saat pemberlakuan kebijakan ganjil genap di Simpang Tol Bogor Outer Ring Road (BORR), Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/7/2021) (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Selain itu, Dishub juga akan memberikan informasi kepada pihak pengelola ojek online mengenai pengemudi yang melakukan pelanggaran untuk diberikan sanksi sesuai ketentuan peraturan perusahaan.

Sementara untuk pengawasannya, pihaknya akan rutin melakukan patroli keliling dengan petugas gabungan.

“Hingga 4 hari ke depan kami akan lakukan sosialisasi sekaligus patroli untuk menjalankan kebijakan ini,” kata Mulyadi.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya