Pantau Malam Natal di Bogor, Bima Arya Patroli Pakai Motor

Gereja Katedral Siapkan Ibadah Virtual

Bogor, IDN Times - Wali Kota Bogor, Bima Arya menggelar patroli untuk memastikan pelaksanaan ibadah Natal berjalan baik dan sesuai dengan protokol kesehataan, Kamis (24/12/2020). Mengendarai sepeda motor ditemani Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Bogor,  mereka melakukan pengawasan dengan berkeliling di Kota Hujan tersebut.

Diawali dengan apel kesiapan personel di Balai Kota Bogor, Bima mengatakan, pihaknya berikhtiar secara maksimal untuk menjamin bahwa ibadah Natal berjalan dalam suasana yang kondusif, dalam suasana yang tertib dan damai. 

"Alhamdulillah sampai saat ini situasi berjalan baik, dilaporkan kondusif, tetapi bagaimanapun kita harus selalu siaga untuk mengantisipasi semua aktivitas yang bisa mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Bogor,” kata Bima.

1. Sambangi dua gereja di Bogor

Pantau Malam Natal di Bogor, Bima Arya Patroli Pakai MotorBima Arya keliling naik motor (Humas Pemkot Bogor)

Berdasarkan pantauan, rombongan Wali Kota bersama jajaran Muspida berkeliling ke titik-titik potensi keramaian. 

Selain itu, Bima dan Muspida juga meninjau dua gereja yang masih menggelar ibadah malam Natal namun dengan pembatasan serta penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Gereja yang dikunjungi adalah Gereja Fransiskus Asisi di Jalan Siliwangi, Bogor Selatan dan Gereja Katedral di Jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah.

Baca Juga: Hari Pertama Libur Natal, Tidak Ada Kemacetan di Kawasan Puncak Bogor

2. Bima Arya sebut pandemik ujian keimanan

Pantau Malam Natal di Bogor, Bima Arya Patroli Pakai MotorSuasana Jamaat Gereja Katedral (Humas Pemkot Bogor)

Kepada jemaat Natal, Bima mengatakan bahwa ibadah tahun ini sangat berbeda.

“Situasinya sangat tidak mudah. Kita semua dihadapkan pada ujian yang maha berat. Belum pernah kita alami sepanjang sejarah, kita mengalami suasana yang begitu berat bagi semua sendi kehidupan,” ujar Bima. 

Dia juga menjelaskan pandemi ini bukan sekadar ujian kebersamaan, tetapi juga ujian keimanan bagi kita semua. 

"Barang siapa yang meyakini ini sebagai cobaan dan ujian, agar kita sebagai manusia menjadi lebih baik, maka niscaya kita akan lebih mudah melewati ujian ini. Dan barang siapa yang bisa bekerja sama bahu-membahu memerangi pandemi sehingga kita bisa menaklukkan ini,” kata pria berusia 48 tahun itu.

Pada kesempatan tersebut, Bima juga sempat mengucapkan selamat Natal bagi umat Kristiani yang merayakannya. 

“Izin kami atas nama Pemerintah Kota Bogor dan jajaran Muspida mengucapkan selamat hari Natal. Semoga natal ini membawa kedamaian bagi kita, semoga kita semua diberikan kesehatan hingga memasuki tahun baru yang penuh dengan harapan, yang penuh dengan kebersamaan. Salam untuk keluarga yang menjalankan ibadah dari rumah, salam hormat, sehat dan semangat. Semoga Tuhan memberkati,” bebernya.

3. Gereja Katedral Siapkan Ibadah Virtual

Pantau Malam Natal di Bogor, Bima Arya Patroli Pakai MotorUskup Bogor Mgr. Paskalis Bruno Syukur. (IDNtimes.com/Rubiakto)

Sementara itu, Uskup Bogor Mgr Paskalis Bruno Syukur mengungkapkan bahwa perayaan Natal di masa pandemik ini menghantarkan umat Kristiani untuk menghayati kehadiran Tuhan Yesus dalam kesederhanaan.

“Kami merasa bahwa perayaan Natal sedikit banyak membawa kami dan umat untuk menghayati kesederhanaan kelahiran Tuhan Yesus di Betlehem dalam kandang natal, dalam kesederhanaan, tak dalam keramaian, tapi dalam keheningan. Itu terasa sekali pada perayaan Natal tahun ini,” kata Paskalis.

Paskalis menambahkan, tak semua jemaat bisa datang ke gereja pada ibadah malam Natal di Katedral.

“Kami mengikuti aturan yang dikeluarkan pemerintah dengan membatasi jemaat yang hadir dan menerapkan protokol kesehatan. Sebagai gantinya, kami juga menyediakan layanan ibadah secara virtual dari rumah,” ujar dia. 

Dalam ibadah malam Natal di Gereja Katedral, hadir pula Komandan Korem 061/Suryakencana Brigjen TNI Achmad Fauzi, Kapolresta Bogor Kota Kombes Hendri Fiuser dan Komandan Kodim 0606/Kota Bogor Kolonel Inf Robby Bulan.

Baca Juga: Tahun Ini Tidak Ada Perayaan Natal di Gereja Kota Bogor

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya