Siap-siap, Kota Bogor Bakal Punya Chinese Gate November 2021

The Beginning Chinese Gate segera dibangun, bakal keren nih~

Bogor, IDN Times - Mendapat bantuan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari Pemerintah Pusat sebesar Rp31 miliar, Pemerintah Kota Bogor akan menata 10 koridor di kawasan Jalan Suryakencana.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah mengaku telah melakukan peninjauan langsung ke sepuluh koridor yang akan dilakukan penataan. 

1. Kawasan Jalan Suryakencana akan dipercantik mulai April 2021

Siap-siap, Kota Bogor Bakal Punya Chinese Gate November 2021Gerbang Suryakancana, Kota Bogor (IDN Times/Rubiakto)

Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah mengatakan pihaknya sudah memproses pinjaman PEN sebesar Rp 31 miliar. Pemkot Bogor, kata dia, ingin melihat dan mematangkan konsep dari Dinas PUPR Kota Bogor untuk mempercantik sepuluh koridor di kawasan Jalan Suryakencana yang terdiri dari tujuh koridor sebelah kiri dan tiga koridor di sebelah kanan. 

"Sehingga begitu administrasi selesai, April mendatang sudah mulai pengerjaan," ujar Syarifah, Senin (18/1/2021).

Baca Juga: Jangan Lewat Jalan Ini di Kota Bogor Selama PPKM

2. Tujuh koridor akan dipasang ornamen-ornamen dengan tema berbeda

Siap-siap, Kota Bogor Bakal Punya Chinese Gate November 2021Jalan Suryakencana, Kota Bogor (IDN Times/Rubiakto)

Kepala Bidang Pembangunan Kebinamargaan, Dinas PUPR Kota Bogor, Dadan Hamdani mengatakan, dengan anggaran PEN, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan menata kembali kawasan Suryakencana. Dalam hal ini yakni tujuh koridor dari mulai jalan Roda 1 sampai 7, jalan Pedati, jalan Lawang Saketeng, dan jalan Rangga Gading. 

"Total pinjaman PEN Rp31 miliar, Rp30 miliar untuk fisik dan Rp1 miliar untuk pengawasan atau konsultan," ujar Dadan.

Ia menuturkan, pihaknya menargetkan pelaksanaan lelang konsultan bisa dilakukan di akhir Januari dan Maret lelang fisik, sehingga April sudah bisa dimulai kegiatan penataan. Nantinya jalan Pedati dan jalan Lawang Saketeng sebagian ruas menjadi pedestrian dan sebagian lagi jalan mobil, sementara untuk jalan Rangga Gading berubah semua menjadi pedestrian. 

"Untuk tujuh koridor di gang roda 1 sampai 7 akan dipasang ornamen-ornamen dengan tema berbeda yang akan memperindah koridor. Koridor satu temanya The Beginning Chinese Gate, koridor dua temanya The Chinese Village, koridor tiga temanya The Five Elements, koridor empat temanya The Paintings and The Wall, koridor lima temanya The Proverbs, kolidor enam temanya The Oriental Garden, dan koridor tujuh temanya The Suryakencana's History," katanya.

3. Ditargetkan selesai November 2021

Siap-siap, Kota Bogor Bakal Punya Chinese Gate November 2021Lawang Suryakencana, di Kecamatan Bogor Tengah menjadi Ciri Khas Pecinan di Kota Bogor. (IDN Times/Rubiakto)

Diperkirakan proses pembangunan akan berlangsung tujuh sampai delapan bulan atau sampai November, mengingat terdapat unsur arsitektur di tujuh koridor yang pengerjaannya cukup lama. 

"Sebelumnya memulai pekerjaan kami akan berkoordinasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM, Gas, PLN, Telkom terkait PKL dan utilitas," kata Dadan. 

Baca Juga: Gagal ke Puncak, Banyak Wisatawan Berbalik Arah ke Gunung Bunder Bogor

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya