Comscore Tracker

Tumpukan Sampah Penuhi Jembatan Kali Baru

Kasus klasik di Sungai Kalibaru tak pernah teratasi

Bogor, IDN Times - Masalah sampah tampaknya begitu sulit diatasi di kawasan Kali Baru, tepatnya pada jembatan Kampung Bojong Sempu, Desa Cilebut Barat, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor. Meski kerap dibersihkan, sampah tetap saja muncul dan kerap menumpuk.

Kasus ini sempat menarik perhatian istri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Iriana. Bahkan, dia sempat bersih-bersih di sana.

Baca Juga: Ada 35 Ribu Ton Sampah di Jabar, Hanya Separuh yang Tertangani

1. Sampai kasur terperangkap di sana

Tumpukan Sampah Penuhi Jembatan Kali BaruWarga melintas jembatan sungai Kali Baru yang tersumbat sampah, Cilebut, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Sampah dalam bentuk apa saja muncul di aliran Kali Baru. Jika melihatnya dari jembatan, di sana tampak ada sampah-sampah besar seperti kasur, batang pohon besar, hingga sofa.

Dampaknya, aliran air di Kali Baru tak lancar. Kalau hujan turun, air bisa meluap ke rumah warga.

"Banjir ketika hujan deras. Kalau dibersihkan nanti menumpuk lagi, lemari dan kasur juga pernah tersangkut," kata Tuti, warga sekitar.

3. Pernah dibersihkan Iriana Jokowi

Tumpukan Sampah Penuhi Jembatan Kali BaruIDN Times/Rangga Erfizal

Iriana sempat mencanangkan Aksi Gerakan Indonesia Bersih di bantaran Sungai Cipakancilan Cilebut, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, pada 20 September 2019 silam.  Aksi tersebut digagas bersama Istri Gubernur Jawa Barat, Atalia Praratya, dan Bupati Bogor, Ade Yasin.

Aksi tersebut, merupakan respons pemerintah atas kondisi anak Sungai Cisadane itu yang sempat viral, lantaran penuh dengan tumpukan sampah. Iriana mengaku ngeri saat melihat sisa-sisa sampah di sungai.

"Ngeri melihatnya, semoga ke depannya bisa bersih dan jadi tempat rekreasi, tempat berdagang juga oleh masyarakat," ujarnya saat itu.

Baca Juga: Jokowi Acungkan 2 Jempol untuk Pengolahan Sampah Surabaya

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya