Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Harus Punya Rekening Tabungan Lebih dari Satu

Apa sih pentingnya punya rekening banyak?

Berapakah jumlah rekening tabungan yang kamu miliki saat ini? Mungkin kamu salah satu orang yang termasuk punya rekening lebih dari satu. Memiliki rekening lebih dari satu ternyata menjadi salah satu solusi untuk finansial kita lho.

Tapi, apa pentingnya sih punya rekening lebih dari satu? Berikut ini adalah alasan kenapa kamu harus memiliki rekening tabungan lebih dari satu.

1. Mengatur kebutuhan hidup

5 Alasan Kenapa Harus Punya Rekening Tabungan Lebih dari SatuUnsplash.com/@belart84

Manajemen keuangan itu sangat perlu untuk diri sendiri. Kondisi finansial kita sebisa mungkin harus bisa selalu tertata rapi, dengan begitu kamu lebih mudah untuk mengatur kebutuhan hidup. Dengan memisahkan antara rekening untuk pengeluaran sehari-hari dengan rekening tabungan dan lainnya, kamu jadi semakin mudah mengatur pemakaian uang dan kebutuhan hidup. 

2. Menahan keinginan belanja yang tidak perlu

5 Alasan Kenapa Harus Punya Rekening Tabungan Lebih dari SatuUnsplash.com/@blakewisz

Salah satu cara paling ampuh untuk menjaga tabunganmu adalah dengan menjauhkannya dari jangkauanmu sendiri. Agar kamu tidak mudah mengutak-atik tabunganmu sendiri, maka kamu perlu split tabunganmu. Shingga kamu tidak tergiur untuk menggunakannya untuk keperluan belanja atau pembelian kebutuhan yang tidak terlalu penting dan mendesak. Dengan begitu tabunganmu akan selalu terjaga aman. 

Baca Juga: 5 Risiko Jika Kamu Tidak Punya Rekening Tabungan

3. Membantu mengatur keuangan

5 Alasan Kenapa Harus Punya Rekening Tabungan Lebih dari SatuUnsplash.com/@kredit

Harta yang kita punya pastinya harus dijaga dengan baik. Salah satu cara menjaganya adalah dengan menjaga cashflow kita sendiri. Jangan sampai kita setiap bulannya malah kekurangan hanya karena pengelolaan uang yang tidah benar. 

Membagi-bagi rekening sesuai fungsi dan kebutuhan adalah cara yang tepat untuk mengatur keuanganmu. Bila kamu memiliki rekening khusus untuk tabungan, pengeluaran sehari-hari, tabungan darurat hingga investasi, maka kamu sudah menuju ke arah kemapanan finansial. 

4. Mempersiapkan dana darurat dan masa depan

5 Alasan Kenapa Harus Punya Rekening Tabungan Lebih dari SatuUnsplash.com/sugercoatit

Kita memang hidup di masa sekarang, namun bukan berarti kita tidak memikirkan masa depan kita bukan? Bagaimana pun juga kita harus menyiapkan dana darurat juga dana untuk masa depan kita, karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada diri kita di masa yang akan datang. 

Memisahkan rekening ini pastinya akan sangat membantumu untuk mempersiapkan dana darurat dan tabungan masa depan. Apalagi sekarang buka tabungan di BCA mobile sudah sangat mudah dan simpel karena bisa di mana saja, kapan saja dan bahkan tanggal merah sekalipun. Cara buka tabungannya pun #DibikinSimpel aja. Cukup ikuti 4 langkah berikut ini:

  • Pastikan smartphone milikmu sudah memiliki operating system minimal iOS 8 atau Android 4.4
  • Sediakan pulsa yang setidaknya cukup untuk 1x SMS 
  • Siapkan data pribadimu, yaitu e-KTP dan email pribadi
  • Memiliki kuota dan jaringan internet yang stabil untuk keperluan video call dengan customer service Halo BCA selama 5 - 15 menit

Setelah mengkuti langkah di atas, buka rekening baru di BCA mobile dan ikuti langkah-langkahnya. Kemudian verifikasi melalui video call dengan customer service Hallo BCA pada jam 06:00 - 20:00 WIB!

Bila telah melewati jam operasional customer service, kamu bisa melakukannya di lain waktu dengan batas waktu 7 hari kalender. Gimana, #JoinGenerasiSimpel dan #JoinGenerasiSimpelIDN sangat mudah bukan?

5. Rencana menabung jadi lebih terukur

5 Alasan Kenapa Harus Punya Rekening Tabungan Lebih dari Satupexels.com/@maitree-rimthong

Meski terlihat mudah namun pada praktiknya menabung itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh niat, tekad, kekonsistenan juga komitmen untuk melakukannya. Punya rekening tabungan yang berbeda-beda untuk keperluan menabung dan pengeluaran akan sangat membantumu untuk lebih konsisten menabung. Dengan begitu usaha kita untuk menabung jadi lebih teratur dan juga target jadi lebih cepat tercapai. 

Itulah tadi 5 alasan masuk akal kenapa kita harus memiliki beberapa rekening sekaligus> PAda intinya semua bertujuan positif demi kondisi keuangan dan masa depan yang lebih mapan dan baik. Kalau kamu belum memisahkan rekening tabunganmu, mulai coba yuk!

Baca Juga: 5 Alasan Millennial Lebih Mending Ketinggalan Dompet Ketimbang HP

Ruth Christian Photo Community Writer Ruth Christian

@ruthchristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You