Pertamina Dukung Penuh MotoGP Mandalika, Ini 5 Bentuk Kontribusinya!

Gak hanya membangun sirkuit Mandalika saja, lho!

Indonesia tentu saja patut berbangga karena pada 18–20 Maret 2022 akan menjadi tuan rumah dari ajang Motor Sport paling bergengsi yaitu Pertamina Grand Prix of Indonesia. Seperti yang diketahui, terakhir kalinya Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP adalah pada tahun 1996 lalu yang diadakan di Sentul. 

Para pembalap MotoGP pun sudah menjajal Pertamina Mandalika International Street Circuit pada sesi pramusim beberapa bulan lalu. Sirkuit berskala internasional ini berlokasi di Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang saat ini telah menjadi salah satu ikon kebanggaan Indonesia.

Tahukah kamu bahwa terselenggaranya ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia ini ternyata mendapatkan dukungan penuh dari Pertamina? Berikut ini adalah 5 bentuk dukungan penuh dari Pertamina untuk menyukseskan gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia!

1. Pendukung utama dalam pembangungan Pertamina Mandalika International Street Circuit

Pertamina Dukung Penuh MotoGP Mandalika, Ini 5 Bentuk Kontribusinya!Pertamina Mandalika International Street Circuit (Instagram.com/pertamina)

Sejalan dengan misi Pertamina sendiri, dalam rangka saling bersinergi dengan Indonesia Tourism Develompment Corporation (ITDC) yang merupakan sesama BUMN untuk mendukung pengembangan 5 destinasi pariwisata super prioritas (DPSP). Salah satu destinasi wisata super prioritas tersebut adalah Mandalika, Nusa Tenggara Barat. 

Berlatar belakang hal tersebut, Pertamina gak ragu untuk turut berperan penting dengan menjadi pendukung utama pembangunan Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit.

Sirkuit anyar yang memiliki motif tenun di area run-off ini sendiri rencananya akan digunakan untuk berbagai macam gelaran berskala internasional dan salah satunya adalah Pertamina Grand Prix of Indonesia. 

2. Menyalurkan bantuan modal begulir untuk UMKM di Mandalika

Pertamina Dukung Penuh MotoGP Mandalika, Ini 5 Bentuk Kontribusinya!Lombok Mulya Craft UMKM binaan Pertamina (instagram.com/pertamina)

Pertamina sebagai BUMN yang bertugas untuk mengelola minyak dan gas bumi di Indonesia ternyata juga memiliki kepedulian dan bahkan memberikan support nyata kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Tercatat ada 187 UMK yang menjadi mintra binaan Pertamina tersebar di sekitar area Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), dan 57 UMK di antaranya berada di Mandalika. 

Dukungan Pertamina terhadap UMKM ini juga bertujuan untuk menghasilkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan serta upaya untuk turut mencapai Sustainable Development Goals (SDGs).

Gak hanya memberikan modal saja, namun Pertamina pun turut membina serta memberikan akses dan peluang kepada para pelaku UMKM untuk dapat terus menggerakkan roda perekonomia. 

Pertamina sendiri juga memberdayakan UMK mitra binaannya untuk terlibat dalam ajang MotoGP Mandalika, yaitu memberikan akses kepada para pelaku UMKM untuk memproduksi kerajinan-kerajinan khas Lombok untuk menjadi cendera mata bagi para pengunjung Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit.

3. Melakukan ajang temu bisnis antar UMKM dan industri perhotelan

Pertamina Dukung Penuh MotoGP Mandalika, Ini 5 Bentuk Kontribusinya!UMKM mitra binaan Pertamina (dok. Pertamina)

Dukungan pertamina terhadap UMKM memang tidak main-main. Pertamina menyadari bahwa UMKM merupakan penggerak utama roda-roda perekonomian Indonesia yang harus terus didukung keberlanjutannya. Karena itu Pertamina gak hanya sampai memberikan modal saja, namun juga memberikan akses yang lebar agar terjadi sebuah kerjasama bisnis yang berkelanjutan dengan berbagai pihak.

Bersama dengan Kemenparekraf dan Pemprof NTB, Pertamina menggelar ajang temu bisnis atara para pelaku UMKM yang telah dikurasi dengan ketat dengan para potensial buyer, yaitu indsutri perhotelan pada 27–28 Januari 2022 lalu. Terdapat 93 UMKM dan 6 UMKM di ataranya merupakan mitra binaan Pertamina. 

Ajang temu bisnis ini tentu saja bertujuan untuk membuka peluang yang lebih besar lagi kepada para pelaku UMKM serta menjaga supply dan demand agar terus berlangsung, baik saat acara Pertamina Grand Prix of Indonesia maupun setelahnya. Pastinya, harapannya adalah agar perokonomian di Indonesia khususnya di Mandalika terus bergerak maju layaknya tagline yang diusung Pertamina yaitu #EnergiUntukMelesatBebas.

4. Menyediakan 50 booth gratis untuk UKM di event Pertamina Grand Prix of Indonesia

Pertamina Dukung Penuh MotoGP Mandalika, Ini 5 Bentuk Kontribusinya!booth untuk UKM kuliner di Pertamina Mandalika International Street Circuit (dok. Pertamina)

Selain mendukung dan membuka peluang untuk para pelaku usaha kreatif di bidang kerajinan, Pertamina juga tak lupa untuk mendukung UKM yang bergerak di bidang kuliner. Pada ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia, tersedia 50 booth space di area komersil sirkuit untuk digunakan secara gratis oleh UKM setempat. 

Booth space ini diberikan secara cuma-cuma kepada para UKM yang bergerak di bidang F&B sehingga tidak ada beban biaya apapun yang harus ditanggung. Dengan begitu para pelaku UMKM dapat secara maksimal menjalankan bisnisnya di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit ini.

5. Membuat Mandalika Art Tunnel yang melibatkan seniman lokal

Pertamina Dukung Penuh MotoGP Mandalika, Ini 5 Bentuk Kontribusinya!Mandalika Art Tunnel di Pertamina Mandalika International Street Circuit (YouTube.com/IDN Times)

Ada spot yang unik dan gak kalah menarik dari sirkuit MotoGP itu sendiri, yaitu Mandalika Art Tunnel.

Tunnel artistik ini merupakan dua terowongan yang ada di dalam area sirkuit. Mandalika Art Tunnel ini dihiasi oleh seni mural yang merupakan karya dari para visual artist Indonesia dan juga seniman lokal Lombok.

Pembuatan Mandalika Art Tunnel ini juga merupakan bentuk dukungan dan apresiasi Pertamina kepada para seniman lokal dan Indonesia agar mereka dapat berkontribusi sehingga karyanya dapat dikenal lebih luas.

Banyak hal yang melatar belakangi Pertamina untuk terus memberikan dukungan nyata agar perhelatan internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia ini bisa berlangsung baik di Madalika.

Tentu saja semua bentuk dukungan nyata Pertamina ini adalah upaya agar nama Indonesia dapat dikenal lebih luas lagi oleh masyarakat dunia. Lebih dari itu, pastinya agar Indonesia bisa lebih maju dalam berbagai bidang baik perekonomian, pariwisata maupun olahraga.

Mari kita rayakan dan sukseskan berama #PertaminaMotoGP yang bertajuk Pertamina Grand Prix of Indonesia ini!

Ruth Christian Photo Verified Writer Ruth Christian

@ruthchristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya