6 Letnan Jendral TNI AD yang Berpotensi Jadi KSAD Gantikan Andika

Dinilai, Pangkostrad atau Letjen berpotensi jadi calon KSAD

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi I DPR, TB Hasanuddin, mengatakan ada enam orang letnan jenderal TNI AD yang berpotensi menduduki posisi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Posisi tersebut akan ditinggalkan Jenderal Andika Perkasa jika resmi menjadi Panglima TNI.

"Nah, menjadi menarik ya, ini ada enam letnan jenderal (yang bisa mengisi posisi KSAD)," kata TB Hasanuddin kepada wartawan, Kamis (4/11/2021).

1. Daftar enam nama yang berpotensi jadi calon KSAD

6 Letnan Jendral TNI AD yang Berpotensi Jadi KSAD Gantikan AndikaIlustrasi prajurit TNI AD (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Politikus PDIP itu pun mengungkapkan enam letjen TNI yang berpotensi menjadi KSAD, yakni:

1. Wakil KSAD, Letjen Bakti Agus
2. Pangkostrad, Letjen Dudung Abdurachman
3. Kabais TNI, Letjen TNI Joni Supriyanto 
4. Danpusterad TNI, Letjen TNI Teguh Arief
5. Danpussenif Kodiklatad Letjen TNI Arif Rahman
6. Kepala Staf Umum TNI, Letjen Eko Margiyono.

"Lalu, persyaratannya itu apa (untuk menjadi KSAD?) Tentu ya adalah perwira yang masih dinas, jadi belum pensiun ya atau perwira aktif berpangkat letnan jenderal, karena dari letjen bintang tiga menjadi bintang empat (saat naik menjadi KSAD)," ucapnya.

Baca Juga: Rekam Jejak Letjen Dudung yang Diprediksi Jadi KSAD Gantikan Andika

2. Berdasarkan tradisi, posisi KSAD biasanya diisi dari Wakil KSAD atau Pangkostrad

6 Letnan Jendral TNI AD yang Berpotensi Jadi KSAD Gantikan AndikaPresiden Joko Widodo (kanan) memasangkan tanda pangkat jabatan kepundak Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) seusai pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (22/11/2018). Presiden melantik Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi KSAD menggantikan Jenderal TNI Mulyono yang akan memasuki masa pensiun. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

TB Hasanuddin menjelaskan calon KSAD akan diusulkan oleh Panglima TNI. Usulan calon KSAD, sambungnya, nantinya akan diberikan ke presiden. Dia menjelaskan pengisian KSAD akan diberikan Andika Perkasa usai dilantik menjadi Panglima TNI.

"Prosedur pengangkatan KSAD itu ya calon KSAD diajukan oleh Panglima TNI dan kemudian dipilih oleh presiden, dan kemudian presidenlah yang meluangkan surat keputusan tersebut," jelasnya.

Berdasarkan tradisi TNI, kata TB Hasanuddin, KSAD merupakan Wakil KSAD atau Pangkostrad. Namun, dia tidak ingin berandai-andai mengenai hal tersebut.

"Dari ini seperti apa tradisinya sekarang, biasanya ya KSAD itu adalah mereka yang bintang tiga diangkat dari Wakil KSAD atau Pangkostrad, itu yang sudah-sudah seperti itu. Jadi yang ada di sini yang memenuhi persyaratan mungkin dari kebiasaan ya, kecuali misalnya ada petunjuk lain ya," kata TB Hasanuddin.

3. PPP prediksi posisi KSAD akan diisi Letjen Dudung

6 Letnan Jendral TNI AD yang Berpotensi Jadi KSAD Gantikan AndikaPanglima Komando Cadangan Strategis TNI AD, Letjen Dudung Abdurachman ketika berkunjung ke Sukabumi (www.kostrad.mil.id)

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PPP, Syaifullah Tamliha, memprediksi posisi KSAD akan diisi oleh Letjen Dudung Abdurachman yang kini menjabat Pangkostrad.

"Tentu jabatan KSAD kan akan kosong, saya prediksi Pak Dudung yang akan jadi KSAD, gantikan Andika," kata Syaifullah kepada wartawan, Rabu (3/11/2021).

Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengajukan Andika sebagai calon tunggal Panglima TNI. Andika akan menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun pada 8 November 2021.

Baca Juga: Andika Jadi Calon Tunggal Panglima TNI, Siapa Bakal Jabat KSAD?

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya