Ada Demo BEM SI, Akses ke Istana Kepresidenan Ditutup Kawat Berduri

Kendaraan water cannon hingga barakuda disiagakan

Jakarta, IDN Times - Aksi di sekitar Patung Arjuna Wijaya (Patung Kuda), Jakarta Pusat (Jakpus) untuk menuntut pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo masih berlangsung. Polisi pun menutup arus lalu lintas ke arah Istana Kepresidenan.

Pantauan IDN Times, massa mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) masih melakukan unjuk rasa di sekitar Patung Kuda. Sekitar pukul 13.48 WIB, Jl Medan Merdeka Barat atau arus lalu lintas menuju Istana Kepresidenan ditutup. Jalan ditutup dengan kawat besi berduri.

Kendaraan water cannon disiagakan. Terlihat, kendaraan taktis barakuda juga disiagakan di sekitar lokasi. Pasukan brimob dan TNI sudah di sekitar lokasi untuk melakukan pengamanan. Bus Transjakarta juga tak dapat melintas karena penutupan arus lalu lintas ini.

Baca Juga: BEM SI Demo di Istana, Tuntut 12 Hal Ini ke Jokowi

1. Kendaraan juga tak dapat melintas ke Medan Merdeka Selatan

Ada Demo BEM SI, Akses ke Istana Kepresidenan Ditutup Kawat BerduriPolisi tutup Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, saat ada unjuk rasa BEM SI pada Kamis (21/10/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Kendaraan dari arah Jl Medan Merdeka Selatan menuju traffic light Patung Kuda atau sebaliknya, juga sudah tidak dapat melintas. Kendaraan di Jl MH Thamrin dari arah Bundaran Hotel Indonesia menuju Patung Kuda, diputar balik.

Belum diketahui sampai kapan lalu lintas ini ditutup.

2. Massa bergerak ke kawat besi berduri

Ada Demo BEM SI, Akses ke Istana Kepresidenan Ditutup Kawat BerduriMassa aksi BEM SI bergerak ke arah Kawat, Jalan Medan Merdeka Barat pada Kamis (21/10/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Sekitar pukul 13.55 WIB, massa mahasiswa bergerak dari pintu barat daya Monas. Massa BEM SI ini mengarah ke Jl Medan Merdeka Barat, atau ke dekat kawat besi berduri.

Sesampainya, massa melanjutkan orasi. Polisi dan TNI dari balik kawat besi berduri sudah melakukan pengamanan ketat. Sesekali, polisi mengingatkan mahasiswa untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Baca Juga: Rapor BEM UI untuk 2 Tahun Jokowi: 6 Menteri Dapat Skor E, 3 Lainnya D

3. BEM SI ingin Jokowi mundur

Ada Demo BEM SI, Akses ke Istana Kepresidenan Ditutup Kawat BerduriPresiden Joko "Jokowi" Widodo ketika memberikan keterangan pers (www.twitter.com/@jokowi)

Sebelumnya, BEM SI melakukan unjuk rasa di sekitar Patung Arjuna Wijaya, Jakpus. Massa meminta Presiden Jokowi mundur.

Para demonstran melakukan aksi dari sekitar pukul 11.55 WIB di sekitar Patung Kuda, tepatnya di pintu barat daya Monas. Orator berorasi bergantian dari atas mobil komando.

Salah satu orator pun meminta massa untuk mengulangi seruannya. Mahasiswa mengikuti seruan itu sambil bertepuk tangan.

"Mundur, mundur, mundur Pak Jokowi, mundur Pak Jokowi sekarang juga. Hidup mahasiswa," ujar orator.

Setelah itu, orator berganti. Massa membicarakan kasus korupsi di Indonesia dan KPK yang sudah lemahkan. Aksi masih berlangsung.

Polisi pun masih bersiaga di sekitar lokasi. Hujan sudah reda. Lalu lintas terpantau lancar.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya