Comscore Tracker

Adies Kadir Gantikan Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua Umum Golkar

Dua jabatan lainnya di Golkar juga digantikan

Jakarta, IDN Times - Partai Golkar memutuskan Adies Kadir sebagai Wakil Ketua Umum Golkar, menggantikan Azis Syamsuddin yang kini menjadi tersangka kasus dugaan suap perkara di Lampung Timur.

Pergantian jabatan tersebut diputuskan dalam rapat pleno yang digelar di kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat, Senin (27/9/2021) malam.

"Jadi rapat pleno tadi diputuskan pergantian antar waktu (PAW). Ada tiga posisi lowong, Wakil Ketua Umum Bidang Polhukam yang dijabat Azis Syamsuddin karena nonaktif sementara, jadi digantikan oleh saya," ucap Adies usai rapat pleno.

Baca Juga: Lodewijk Dinilai Berpeluang Besar Gantikan Azis Jadi Pimpinan DPR

1. Selain posisi Azis, Golkar juga mengganti dua jabatan wakil ketua umum lainnya

Adies Kadir Gantikan Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua Umum GolkarLogo Partai Golkar (IDN Times/Sachril Agustin)

Adies menjelaskan Ketua DPP Golkar Firman Soebagyo akan menjadi Wakil Ketua Umum Bidang Sosial menggantikan Roem Kono. Lalu, Erwin Aksa menjadi Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Strategis menggantikan Rizal Mallarangeng.

"Kalau dari kepengurusan DPP kemungkinan tidak ada perubahan, karena sudah disetujui semua melalui rapat pleno," ucapnya.

2. Posisi pimpinan DPR yang diduduki Azis Syamsuddin belum ada penggantinya

Adies Kadir Gantikan Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua Umum GolkarWakil Ketua DPR Azis Syamsuddin ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap terkait penanganan perkara di Lampung Tengah oleh KPK, Sabtu dini hari (25/9/2021) (IDN Times/Aryodamar)

Namun, Partai Golkar belum mengumumkan siapa yang akan menggantikan posisi jabatan Azis sebagai Wakil Ketua DPR, meski Sekjen Partai Golkar Lodewijk F. Paulus disebut-sebut akan mengisi kursi jabatan tersebut.

Adies mengatakan Golkar akan mengumumkan pengganti Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR pada Rabu (29/9/2021) pukul 16.00 WIB.

Dia menyebutkan alasan penundaan pengumuman karena agenda Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pada Selasa (28/9/2021) cukup padat. Selain itu, kata dia, karena Airlangga ingin mengantarkan sendiri surat pergantian Azis Syamsuddin kepada Ketua DPR, Puan Maharani.

"Jadi karena Rabu, ketua umum ingin mengantarkan sendiri suratnya ke ketua DPR, bersama-sama ketua fraksi dan sekretaris fraksi," ucap Adies.

Baca Juga: Airlangga Umumkan Pengganti Azis Syamsuddin di DPR pada Rabu

3. Adies menanggapi isu soal dirinya gantikan Azis Syamsuddin sebagai wakil ketua DPR

Adies Kadir Gantikan Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua Umum GolkarPolitikus Golkar, Adies Kadir (IDN Times/Sachril Agustin)

Sebelumnya, Adies Kadir juga disebut-sebut sebagai calon pengganti Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR. Menanggapi hal tersebut, dia mengaku masih nyaman dengan posisi jabatan sekarang ini sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR.

"Saya masih nyaman di Komisi III, saya sudah sampaikan kan tadi, dan lebih banyak yang pas, yang lebih senior, masih banyak yang pas. Jadi mungkin kita berikan kesempatan pada yang senior terlebih dahulu," kata Adies di Gedung DPR/MPR Jakarta, Senin (27/9/2021).

"Kita tidak berandai-andai, jadi saya gak berandai-andai. Tapi yang pasti penugasan saya di Komisi III, di sekretaris fraksi, kemudian Ketua Bidang Hukum DPP Partai Golkar, itu juga cukup menyita waktu dan kesibukan dan saya enjoy di sana," ujar Adies, menambahkan.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya