Comscore Tracker

Agung Mozin Hengkang dari Partai Ummat, Kini Dirikan 'Satu Jari'

Usai cabut dari Partai Ummat, Agung Mozin dirikan Satu Jari

Jakarta, IDN Times - Loyalis Amien Rais, Agung Mozin telah mengundurkan diri dari kepengurusan Partai Ummat. Usai keluar dari partai yang baru disahkan ini, Agung mengaku akan mendirikan sebuah organisasi atau lembaga.

"Nah lembaga saya itu, kami namakan Satu Jari Indonesia. (Namanya) Satu Jaringan Anak Rakyat Indonesia, kami singkat menjadi Satu Jari," kata Agung Mozin saat dihubungi, Minggu (5/9/2021).

Baca Juga: Alasan Sebenarnya Agung Mozin Hengkang dari Partai Ummat Amien Rais

1. Agung Mozin belum mau beberkan kepengurusan dalam organisasi yang didirikannya

Agung Mozin Hengkang dari Partai Ummat, Kini Dirikan 'Satu Jari'Logo Satu Jari, lembaga yang akan didirikan Agung Mozin (istimewa. dok: Agung Mozin)

Agung mengatakan organisasinya ini akan dia dirikan bersama rekan aktivisnya. Terkait dengan siapa saja organisasi ini didirikan, Agung belum mau membeberkannya. Dia juga tak merinci kapan tepatnya organisasi ini didirikan.

Mantan pengurus Partai Ummat ini hanya mengatakan lembaganya akan menjadi sebuah wadah perjuangan anak rakyat Indonesia yang ingin mengubah kezaliman dan ketidakadilan yang diproduksi oleh kaum elite politik.

"Lembaga ini hadir sebagai koreksi total atas kehadiran partai-partai politik yang telah berubah menjadi dinasti politik yang berselingkuh dengan oligarki  melanggengkan kekuasaan politik dan bisnis mereka sekaligus mempertahankan kultur budaya feodalisme," ujarnya.

"Satu Jaringan Anak Indonesia, mengarahkan telunjuknya kepada mereka-mereka yang mempraktikkan feodalisme dan dinasti politik yang berselingkuh dengan para oligarki di negeri ini. Jadi saya tetap konsen di aktivitas-aktivitas seperti itu dan mengedukasi publik agar mereka tahu mana partai-partai yang betul untuk rakyat dan mana partai yang hanya permainan para elite itu," imbuhnya.

2. Agung mengaku keluar dari Partai Ummat dengan berat hati

Agung Mozin Hengkang dari Partai Ummat, Kini Dirikan 'Satu Jari'Ilustrasi partai Ummat (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Sebelumnya, Agung bercerita mengenai alasan dirinya keluar dari kepengurusan Partai Ummat. Dia mengaku meninggalkan Partai Ummat dengan berat hati.

"Saya pergi meninggalkan Partai Ummat dengan hati yang berat mengingat perjuangan dan harapan kader, bahkan umat Islam secara keseluruhan sebagai partai alternatif di tengah melemahnya partai-partai," ujar Agung Mozin saat dihubungi IDN Times, Jumat (3/9/2021).

Dia pun memohon maaf kepada semua pihak atas keputusannya mundur dari Partai Ummat.

"Mohon maaf kepada sahabatku semua yang telah saya ajak bersama, Partai Ummat ternyata jauh dari harapan kita semua. Padahal partai itu saya yang dirikan dengan Pak Amien Rais," tuturnya.

3. Agung Mozin mengaku dapat perlakuan kurang mengenakkan saat menjadi pengurus partai

Agung Mozin Hengkang dari Partai Ummat, Kini Dirikan 'Satu Jari'ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Dia menjelaskan Partai Ummat didirikan untuk mengedepankan nilai-nilai Islam di Indonesia. Namun usai partai itu berdiri, Agung mengaku mendapat perlakuan kurang mengenakkan.

"Partai Ummat mengedepankan nilai-nilai islami (tapi) justru yang saya alami adalah praktik feodalisme. Seperti perlakuan yang tidak pantas dilakukan seorang tokoh besar yang saya banggakan menurut ukuran saya, (tapi) tidak bijak ketika mendapat masukan dari anak-anaknya yang ingin terlibat penuh dalam tata kelola partai," ungkapnya.

Agung Mozin mengaku tidak diberi akses untuk berbicara di depan publik. Padahal menurutnya, hal itu penting dilakukan untuk kemajuan dan kepentingan Partai Ummat.

"Suasana di dalam partai seperti ini menurut saya sudah tidak sehat lagi dan jauh dari nilai-nilai islami. Bahkan saya bisa katakan justru cara-cara seperti yang dilakukan adalah praktik feodal dimana memperlakukan mitra perjuangan tidak sepantasnya," dia menambahkan.

"Kekecewaan itu apa? Ternyata di dalam partai politik yang berasaskan Islam itu mempraktikkan sebuah relasi politik seperti sebuah dinasti politik saja," ucapnya.

Baca Juga: Partai Ummat Resmi Dapat SK Kemenkumham, Ketumnya Menantu Amien Rais

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya