AHY Tegaskan Partai Demokrat Tidak Cari Panggung Politik

Demokrat sampaikan kritik agar negara selamat, kata AHY

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengatakan Partai Demokrat tidak mencari panggung politik. Hal itu disampaikannya terkait berbagai kritik terhadap pemerintah dari Partai Demokrat selama ini.

"Bukan untuk mencari keuntungan politik sesaat, buat apa? Tidak ada gunanya dan masyarakat punya hati dan pikiran," kata AHY saat berpidato di HUT ke-20 Partai Demokrat, Kamis (9/9/2021).

Baca Juga: AHY Sebut Ada Kadernya yang 'Raja Twit'

1. Mereka yang mencari panggung politik, tidak disukai masyarakat

AHY Tegaskan Partai Demokrat Tidak Cari Panggung PolitikKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendatangi kantor IDN Media HQ pada Kamis (17/6/2021). (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono itu pun menilai, pihak-pihak yang mencari panggung politik untuk keuntungan pribadi sesaat justru tidak akan mendapatkan tempat di hati masyarakat.

"Mereka yang mencari keuntungan politik di masa pandemi, juga akan mendapatkan penilaian tersendiri dari masyarakat," tutur AHY. Menurutnya, Demokrat memilih berkoalisi bersama rakyat dengan mengedepankan akal sehat dan hati nurani.

Baca Juga: AHY: Jangan Anggap Kritik Kami sebagai Perlawanan

2. Kritik Demokrat agar negara selamat

AHY Tegaskan Partai Demokrat Tidak Cari Panggung PolitikKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengepalkan tangannya sesaat sebelum menyampaikan keterangan kepada wartawan usai rapat dengan Ketua DPD Partai Demokrat se-Indonesia terkait Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat, Jakarta, Minggu (7/3/2021). Dari hasil rapat tersebut seluruh Ketua DPD Demokrat di 34 Provinsi menolak KLB yang berlangsung di Deli Serdang, Sumatera Utara dan tetap mendukung AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah

Segala kritik itu, kata AHY, disampaikan Demokrat agar pemerintah sukses dan negara bisa segera bangkit dari keterpurukan. Dengan begitu, menurutnya, rakyat yang merupakan koalisi bagi Demokrat pun bisa selamat.

"Meski kita berada di luar pemerintah,  tapi kita juga merah putih. Karena kita ingin negara kita selamat," ujar AHY.

3. Kritik Demokrat jangan dianggap sebagai perlawanan

AHY Tegaskan Partai Demokrat Tidak Cari Panggung PolitikIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Meski sebagai oposisi pemerintahan Joko "Jokowi" Widodo, menurutnya, segala macam masukan maupun kritik konstruktif yang disampaikan Demokrat bukanlah bentuk perlawanan.

"Janganlah kemudian kita dianggap merusuhi upaya pemerintah tersebut," kata AHY.

Baca Juga: AHY Klaim Masa Keemasan Indonesia Berada di Era SBY

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya