Comscore Tracker

Airlangga: Pemilihan Lodewijk Pengganti Azis Direstui Luhut-Bakrie

Airlangga bantah muncul faksi di tubuh Golkar

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memutuskan Sekjen Partai Golkar, Lodewijk F. Paulus, menjadi Wakil Ketua DPR menggantikan Azis Syamsuddin. Airlangga mengatakan keputusan ini melalui pembahasan dengan senior partai beringin.

"Jadi sudah pembahasan dengan Ketua Dewan Pembina Pak Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Pakar Pak Agung Laksono, Ketua Dewan Kehormatan Bapak Akbar Tanjung, dan juga dengan penasihat, Bapak Luhut Binsar Panjaitan," kata Airlangga di Gedung DPR/MPR Jakarta, Rabu (29/9/2021).

Baca Juga: [BREAKING] Lodewijk Resmi Gantikan Azis Syamsuddin di Pimpinan DPR

1. Airlangga bantah muncul faksi internal

Airlangga: Pemilihan Lodewijk Pengganti Azis Direstui Luhut-BakrieMenko Perekonomian Airlangga Hartarto (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Airlangga menjelaskan Lodewijk dipilih berdasarkan hasil rapat harian terbatas dan rapat pleno internal Golkar. Dia membantah pemilihan Lodewijk memunculkan faksi-faksi di tubuh partai.

"Tidak ada (faksi), kan kemarin sudah rapat, namanya rapat sudah... sudah konsensus. Dan kemarin sudah revitalisasi pengurus, ya," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian itu.

2. Lodewijk gantikan Azis Syamsuddin jadi wakil ketua DPR

Airlangga: Pemilihan Lodewijk Pengganti Azis Direstui Luhut-BakrieLodewijk Freidrich Paulus (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Sebelumnya, Airlangga menyerahkan nama pengganti Azis Syamsuddin, Lodewijk F. Paulus, sebagai Wakil Ketua DPR ke Ketua DPR Puan Maharani, Rabu (29/9/2021).

"Sesuai dengan mekanisme berlaku, kami sudah konsultasi dengan senior Partai Golkar, dan dalam rapat pleno 27 September kemarin, Partai Golkar telah memutuskan untuk menunjuk saudara H Lodewijk F. Paulus sebagai calon Wakil Ketua DPR menggantikan saudara Azis Syamsuddin," ujar Airlangga saat konferensi pers di Gedung DPR/MPR. 

Baca Juga: MKD: Golkar Tunjuk Lodewijk Ganti Azis Syamsuddin Jadi Wakil Ketua DPR

3. DPR gelar rapat paripurna untuk pergantian antar waktu (PAW) pimpinan DPR

Airlangga: Pemilihan Lodewijk Pengganti Azis Direstui Luhut-BakrieKetua DPR RI Puan Maharani, Pertemuan dengan Pimpinan Media, 28 November 2019, Gedung DPR RI (IDN Times/Uni Lubis)

Puan menambahkan DPR akan segera menggelar rapat paripurna untuk memproses pergantian antar waktu (PAW) ini. Rapat paripurna akan digelar pada Kamis (30/9/2021).

"Sesuai dengan mekanisme tersebut, pimpinan DPR tentu saja kemudian akan meneruskan mekanisme tersebut, sehingga dalam waktu yang tidak lama, akan ada pergantian antar waktu, Wakil Ketua DPR RI dari Partai Golkar," ujar politikus PDIP itu.

Diketahui, eks Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin telah ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan perkara di Lampung Timur. Azis kini tengah menjalani penahanan selama 20 hari di Polres Metro Jakarta Selatan.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya