Airlangga Umumkan Pengganti Azis Syamsuddin di DPR pada Rabu

Airlangga ingin antarkan sendiri nama pengganti Azis ke DPR

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menunda pengumuman sosok pengganti Azis Syamsuddin sebagai wakil ketua DPR RI. Pergantian ini dilakukan usai Azis ditangkap KPK karena terlibat kasus dugaan korupsi.

Airlangga mengatakan akan mengumumkan pengganti Azis pada Rabu (29/9/2021). Ia akan mengumumkan secara langsung di DPR.

"Jadi pertama tentu masih ada proses-proses yang harus dilaksanakan sesuai dengan mekanisme yang ada, baik di partai maupun DPR. Oleh karena itu akan diumumkan hari Rabu jam 16.00 WIB sore. Rabu, jam 16.00 WIB sore di DPR," ujar Airlangga di Kantor DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Jakarta Barat, Senin (27/9/2021).

Ia tak mau menyebutkan siapa kader Golkar yang akan mengisi posisi Azis sebagai wakil ketua DPR. Saat ditanya apakah betul Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus yang akan menjadi wakil ketua DPR, Airlangga tak menjawabnya.

"Jadi tunggu hari Rabu jam 16.00 sore. Nanti yang menyampaikan ketua fraksi didampangi oleh ketua umumnya (saya sendiri)," kata Airlangga.

1. Alasan pengumuman nama pengganti Azis diundur

Airlangga Umumkan Pengganti Azis Syamsuddin di DPR pada RabuKetua Umum Golkar, Airlangga Hartarto di Kantor DPP Golkar, Jl Anggrek Neli Murni, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat, Senin (27/9/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Sementara itu, Ketua DPP Golkar Adies Kadir membenarkan pengumuman nama kader yang akan menjadi pimpinan DPR diundur satu hari. Adies mengatakan pengumuman ini diundur karena Airlangga memiliki agenda padat pada Selasa (28/9/2021).

Selain itu, sambungnya, pengumuman ini diundur karena Airlangga ingin mengantarkan sendiri surat pengajuan nama pengganti Azis ke Ketua DPR Puan Maharani.

"Jadi karena hari Rabu, ketua umum ingin mengantarkan sendiri suratnya ke ketua DPR bersama-sama ketua fraksi dan sekretaris fraksi. Jadi pertimbangannya itu, jadi Rabu," kata Adies.

Baca Juga: Ketua DPP Golkar Sebut Lodewijk Jadi Wakil Ketua DPR Gantikan Azis 

2. Golkar gelar rapat pleno tentukan pengganti Azis

Airlangga Umumkan Pengganti Azis Syamsuddin di DPR pada RabuPolitikus Golkar, Adies Kadir (IDN Times/Sachril Agustin)

DPP Golkar malam ini melakukan rapat pleno untuk membahas siapa yang akan menggantikan Azis sebagai wakil ketua DPR. Rapat pleno ini dihadiri pengurus DPP Golkar, secara langsung maupun virtual.

"Kalau feeling saya sudah dikantongi ketua umum, jadi sudah dikantongi nama (pengganti Azis) tersebut jadi tinggal nanti malam itu disampaikan di dalam rapat pleno," kata Adies Kadir, di Gedung DPR/MPR Jakarta, Senin (27/9/2021).

Ia mengatakan rapat pleno juga akan memutuskan pengganti Azis sebagai wakil ketua umum Partai Golkar. "Nanti malam juga akan diputuskan (posisi Azis di kepengurusan)," kata Adies.

Baca Juga: Profil Lodewijk yang Diisukan Jadi Pengganti Azis Syamsuddin di DPR

3. Rencana awal, nama pengganti Azis diumumkan Selasa (28/9/2021)

Airlangga Umumkan Pengganti Azis Syamsuddin di DPR pada RabuKetua DPP Partai Golkar Adies Kadir, di Gedung DPR/MPR Jakarta, Senin (27/9/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Golkar sebelumnya menyatakan pengganti Azis di DPR akan diumumkan pada Selasa (28/9/2021). Pemilihan sosok pengganti Azis disebut merupakan hak prerogatif Airlangga selaku ketua umum.

"Terkait nama pengganti tidak ada yang tahu, karena hak prerogratif Ketua Umum (Airlangga Hartarto). Rencananya Selasa sore diumumkan. Sepertinya nama sudah ada di kantong ketum," kata Adies saat dihubungi pada Minggu (27/9/2021) malam.

Ia mengatakan semua kader di Golkar memiliki peluang menjadi wakil ketua DPR untuk menggantikan posisi Azis.

Baca Juga: Azis Syamsuddin dan Alex Noerdin Terjerat Korupsi, Ini Sikap Golkar

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya