Alasan Sebenarnya Agung Mozin Hengkang dari Partai Ummat Amien Rais

Agung mengaku kecewa, kenapa?

Jakarta, IDN Times - Agung Mozin mengundurkan diri dari posisinya sebagai Wakil Ketua Umum Partai Ummat. Dia pun mengaku meninggalkan Partai Ummat dengan berat hati.

"Saya pergi meninggalkan Partai Ummat dengan hati yang berat mengingat perjuangan dan harapan kader, bahkan umat Islam secara keseluruhan sebagai partai alternatif di tengah melemahnya partai-partai," ujar Agung Mozin saat dihubungi IDN Times, Jumat (3/9/2021).

Dia menambahkan, "dalam kesempatan ini saya ingin memohon maaf kepada sahabatku semua yang telah saya ajak bersama, Partai Ummat ternyata jauh dari harapan kita semua. Padahal partai itu saya yang dirikan dengan Pak Amien Rais." 

Baca Juga: Partai Ummat Resmi Dapat SK Kemenkumham, Ketumnya Menantu Amien Rais

1. Agung Mozin mengaku dapat perlakuan kurang mengenakkan saat menjadi pengurus partai

Alasan Sebenarnya Agung Mozin Hengkang dari Partai Ummat Amien RaisANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Dia menjelaskan, Partai Ummat didirikan untuk mengedepankan nilai-nilai Islam di Indonesia. Namun usai partai itu berdiri, Agung mengaku mendapat perlakuan kurang mengenakkan.

"Partai Ummat mengedepankan nilai-nilai islami (tapi) justru yang saya alami adalah praktik feodalisme. Seperti perlakuan yang tidak pantas dilakukan seorang tokoh besar yang saya banggakan menurut ukuran saya, (tapi) tidak bijak ketika mendapat masukan dari anak-anaknya yang ingin terlibat penuh dalam tata kelola partai," ungkapnya.

Agung Mozin mengaku tidak diberi akses untuk berbicara di depan publik. Padahal menurutnya, hal itu penting dilakukan untuk kemajuan dan kepentingan Partai Ummat.

"Suasana di dalam partai seperti ini menurut saya sudah tidak sehat lagi dan jauh dari nilai-nilai islami. Bahkan saya bisa katakan justru cara-cara seperti yang dilakukan adalah praktik feodal dimana memperlakukan mitra perjuangan tidak sepantasnya," dia menambahkan.

"Kekecewaan itu apa? Ternyata di dalam partai politik yang berasaskan Islam itu mempraktekkan sebuah relasi politik seperti sebuah dinasti politik saja," ucapnya.

2. Agung Mozin berhenti dari kepengurusan Partai Ummat

Alasan Sebenarnya Agung Mozin Hengkang dari Partai Ummat Amien RaisPartai Ummat (YouTube Partai Ummat Official)

Sebelumnya, Agung Mozin angkat kaki dari Partai Ummat. Agung meninggalkan posisinya sebagai Wakil Ketua Umum. Saat dihubungi, Agung membenarkan telah berhenti dari kepengurusan partai yang dibentuk Amien Rais itu.

"Iya betul, saya berhenti (dari kepengurusan Partai Ummat)," ucap Agung Mozin kepada IDN Times, Kamis (26/8/2021).

Agung Mozin menyatakan, berhenti jadi pengurus Partai Ummat dalam surat pengunduran diri yang ditujukan kepada pendiri yang juga Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais. Dalam surat itu, Agung juga menyatakan berhenti jadi anggota Partai Ummat. 

Surat pengunduran diri Agung itu juga ditembuskan ke Ketum Partai Ummat, Ridho Rahmadi. 

"Benar (salinan surat itu)," ucap Agung Mozin.

Baca Juga: Alasan Agung Cabut dari Partai Ummat, Komunikasi Elit Tidak Berakhlak

3. Dalam surat pengunduran diriya, Agung sebut komunikasi tidak mengedepankan akhlakul karimah

Alasan Sebenarnya Agung Mozin Hengkang dari Partai Ummat Amien RaisSurat Pernyataan Undur Diri Agung Mozin dari Anggota Partai Ummat. (dok. IDN Times/Istimewa)

Dilihat IDN Times, dalam surat tersebut Agung Mozin berterima kasih karena diberi kesempatan untuk menjadi Wakil Ketua Umum Partai Ummat. Dia bersyukur karena telah terbit Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor: M.KH Kep13.AH.11.01 Tahun 2021 tertanggal 20 Agustus 2021 tentang Pengesahan Badan Hukum Partai Ummat.

Usai mengucapkan syukur, Agung lalu menyatakan berhenti dari kepengurusan dan anggota Partai Ummat.

"Selanjutnya memperhatikan dengan seksama dinamika internal partai, sekat-sekat informasi dan komunikasi elitis yang tidak mengedepankan akhlakul karimah, seraya mempertimbangkan beragam informasi dan aspirasi para sahabat Partai Ummat di berbagai daerah termasuk sahabat-sahabat aktivis demokrasi yang istiqomah konsisten-konsekuen melawan feodalisme dan dinasti politik, dengan ini saya Agung Mozin menyatakan berhenti sebagai pengurus dan anggota Partai Ummat sebagai bentuk pertanggungjawaban etika dan moral," tulis Agung Mozin.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya