Baliho Puan Bertebaran di Banyak Tempat, untuk Pilpres 2024? 

Apa kata PDIP soal banyaknya baliho Puan Maharani?

Jakarta, IDN Times - Baliho bergambar Ketua DPR Puan Maharani bertebaran di sejumlah titik di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya di Bogor, Jawa Barat dan di Pemalang, Jawa Tengah.

Terkait hal ini, PDI Perjuangan (PDIP) menegaskan, baliho dan spanduk Puan Maharani bukanlah untuk kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Tekanan narasi dalam billboard dan lain-lain, itu bukan kampanye politik, tetapi kampanye kebersamaan, persatuan dan kemanusiaan," ujar politikus PDIP Hendrawan Supratikno saat dihubungi, Senin (2/8/2021).

Baca Juga: Puan Kini Disebut Mirip Oposisi, PDIP: DPR Memang Lembaga Pengawas

1. Baliho Puan dengan kapasitas sebagai Ketua DPR

Baliho Puan Bertebaran di Banyak Tempat, untuk Pilpres 2024? Baliho Ketua DPR Puan Maharani di Pemalang, Jateng. (IDN Times/Rochmanudin)

Hendrawan mengatakan, Puan adalah Ketua DPR RI, dan dalam baliho atau spanduk itu kapasitas Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan itu benar-benar sebagai Ketua DPR.

Dia menjelaskan, Puan adalah perempuan pertama di Indonesia yang menjadi Ketua DPR. Puan, sama seperti ibunya Megawati Soekarnoputri, yakni perempuan pertama di Indonesia yang menjadi presiden.

"Billboard, baliho, spanduk, dan sebagainya itu dalam kapasitas sebagai Ketua DPR," ujar Hendrawan.

2. Baliho Puan dipasang spontanitas oleh kader dan relawan PDIP

Baliho Puan Bertebaran di Banyak Tempat, untuk Pilpres 2024? Politikus PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A.)

Menurut Hendrawan, Puan yang menjadi Ketua DPR bekerja sesuai Undang-Undang Dasar 1945. Untuk baliho Puan yang ada di sejumlah daerah, sambungnya, dipasang anggota DPR, dan juga kader atau relawan yang bersifat spontanitas.

"Yang (baliho Puan di) billboard itu (dipasang) gotong royong anggota DPR. (Baliho, spanduk) yang lain spontanitas kader dan relawan," ungkapnya.

3. Pengusungan capres kewenangan Megawati

Baliho Puan Bertebaran di Banyak Tempat, untuk Pilpres 2024? IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebelumnya, Puan Maharani disebut-sebut bakal maju dalam bursa calon presiden Pilpres 2024. Namun, Hendrawan Supratikno mengatakan belum mengetahui hal tersebut.

"Waduh saya tidak tahu. (Pengusungan capres) itu kewenangan Ketum (Megawati Soekarnoputri) untuk memutuskan," ujar Hendrawan saat dihubungi, Kamis (29/7/2021).

Pada Pemilu 2024 nanti, sejumlah partai politik (parpol) akan berkoalisi. Untuk PDIP sendiri, Hendrawan mengaku belum mengetahui akan berkoalisi dengan partai mana.

"Itu wilayah Ketum (untuk menentukan PDIP berkoalisi dengan siapa)," ucapnya.

Hendrawan juga mengaku belum mengetahui apakah partainya akan berkoalisi dengan Gerindra. Dia hanya mengatakan semua kemungkinan bisa saja terjadi.

"Bisa ditanyakan kepada Sekjen (Hasto Kristiyanto). Yang jelas dalam politik semua kemungkinan bisa terjadi. Pada dasarnya politik adalah 'the art of possible' (atau) seni membangun kemungkinan," ucapnya.

Baca Juga: Puan Maju Jadi Capres 2024? Elite PDIP: Kewenangan Megawati

Topik:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya