Comscore Tracker

BEM SI Selesai Demonstrasi, Massa Bubar Usai Moeldoko Keluar

Massa bubar setelah mendengarkan pernyataan Moeldoko

Jakarta, IDN Times - Aksi mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) sudah selesai. Lalu lintas pun kembali dibuka.

Pantauan IDN Times, massa membubarkan diri dari Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, tepatnya di sekitar Patung Arjuna Wijaya (Patung Kuda) sekitar pukul 17.32 WIB. Massa membubarkan ke berbagai arah, yakni ke Medan Merdeka Selatan dan MH Thamrin.

Massa memilih bubar usai Kepala Staf Presiden, Moeldoko, datang menemui perwakilan mahasiswa dan mengajak berdialog.

Baca Juga: Moeldoko Akhirnya Temui Perwakilan BEM SI

1. Pagar kawat berduri yang tutup akses ke Istana kembali dibuka

BEM SI Selesai Demonstrasi, Massa Bubar Usai Moeldoko KeluarMassa BEM SI selesai melakukan unjuk rasa di sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (21/10/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Tak lama setelah aksi selesai, pagar kawat berduri di kawasan Medan Merdeka Barat yang menutup akses arah Istana Kepresidenan kembali dibuka. Petugas PPSU pun turun ke jalan, membersihkan sampah yang ditinggalkan massa aksi.

Arus lalu lintas di sekitar Patung Kuda dibuka kembali sekitar pukul 17.40 WIB. Kendaraan, baik motor, mobil, dan bus Transjakarta, sudah dapat kembali melintas di Medan Merdeka Barat.

Kendaraan lapis baja dan water canon yang sebelumnya di Jl Medan Merdeka Barat juga dipindahkan.

2. Moeldoko menemui mahasiswa BEM SI

BEM SI Selesai Demonstrasi, Massa Bubar Usai Moeldoko KeluarKepala Staf Presiden, Moeldoko menemui massa aksi BEM SI, di Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (21/10/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Sebelumnya, aliansi mahasiswa yang tergabung dalam BEM SI melakukan unjuk rasa untuk menuntut pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo di sekitar Patung Kuda, Jakpus. KSP Moeldoko pun menemui massa aksi.

Moeldoko datang menemui massa sekitar pukul 16.40 WIB. Perwakilan mahasiswa yang menghadap Moeldoko, menyampaikan aspirasinya. Ada 12 poin yang disampaikan ke Moeldoko dan didengarkan dengan baik.

Untuk mahasiswa lain yang tidak ikut menemui Moeldoko, diam mendengarkan penjelasan perwakilan massa.

Baca Juga: Demo di Patung Kuda, BEM SI Minta Jokowi Mundur dari Jabatannya

3. Moeldoko ajak mahasiswa dialog

BEM SI Selesai Demonstrasi, Massa Bubar Usai Moeldoko KeluarKepala Staf Presiden, Moeldoko menemui massa aksi BEM SI, di Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (21/10/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Usai perwakilan mahasiswa menyampaikan aspirasinya, Moeldoko berbicara. Awalnya, Moeldoko mengapresiasi mahasiswa yang berunjuk rasa dengan tertib atau tidak anarkis.

Moeldoko menghargai sikap kritis mahasiswa. Dia pun mengatakan pemerintah punya cara sendiri untuk memajukan bangsa Indonesia. Pemerintah terus bekerja keras untuk memajukan Indonesia.

"Kalian saya beri kesempatan untuk datang ke kantor KSP. Perwakilan, jumlahnya berapa, silakan, dari berbagai perguruan tinggi, siapa saja. Mari kita bicara, nanti saya akan jelaskan 12 poin yang kalian sampaikan tadi. Kita akan berdiskusi, itu akan lebih bagus," ujar Moeldoko.

Moeldoko menambahkan pemerintah tidak bisa bekerja sendiri untuk memajukan Indonesia. Suara mahasiswa dibutuhkan. Namun, Moeldoko belum merinci kapan pertemuan itu dilakukan.

"Sekali lagi kalian berbagai perwakilan, mau besok, pekan depan, kapan saja, datang ke kantor saya. Mari kita bicara. Itu agar diskusi kita bisa cair daripada di jalanan seperti ini," kata Moeldoko.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya