[BREAKING] Ketua DPD RI: Pandemik COVID-19 Bawa Hikmah

LaNyalla ingin pembagian bansos lebih merata

Jakarta, IDN Times - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menilai penanganan pandemik COVID-19 yang dilakukan pemerintah tidak gagal. Hal itu disampaikan dalam Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR-DPD, dan Pidato Kenegaraan Presiden.

"Kami tidak setuju dengan pendapat yang mengatakan negara telah gagal dalam menangani pandemik ini," ujar LaNyalla di gedung Parlemen, disiarkan langsung di kanal YouTube DPR RI, Senin (16/8/2021).

LaNyalla mengapresiasi pemerintah dalam penanganan COVID-19. Dia juga mengatakan pandemik tidak hanya membawa musibah, tapi juga hikmah. "Memang di setiap musibah dan bencana, selalu ada hikmah. Pandemik COVID-19 ini juga memberikan hikmah," ujarnya.

LaNyalla menjelaskan hikmah terbesar dari pandemik virus corona adalah pemerintah mengetahui kelemahan fundamental, yang selama ini belum terungkap secara terang benderang. Dia mengatakan hikmah ini bukan hanya untuk direnungkan,  tapi harus menjadi titik awal pekerjaan besar bangsa Indonesia ke depan.

"Kita jadi mengetahui dengan terang benderang bagaimana industri alat kesehatan kita yang masih didominasi produk impor," ujar dia.

Lebih lanjut, LaNyalla mengungkapkan kelemahan di sektor sosial, yakni penyaluran bantuan sosial (bansos) yang harus bisa menjangkau seluruh masyarakat dan tepat sasaran. Selain itu, dia menyebut ada kelemahan juga di bidang ekonomi.

"Tentu banyak hikmah dan tugas berat yang masih harus kita kerjakan sebagai negara yang diharapkan tangguh dan tumbuh ini. Tetapi yakinlah bahwa setelah kesulitan pasti ada kemudahan," kata dia.

Baca Juga: [BREAKING] Sidang Tahunan, Ketua MPR Bamsoet Puji Penanganan COVID-19

Topik:

  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya