Demokrat Siap Usung AHY Maju di Pilpres 2024

Demokrat belum menentukan sikap soal koalisi partai

Jakarta, IDN Times - Pesta demokrasi pemilihan umum (Pemilu) tinggal beberapa tahun lagi. Partai Demokrat berniat mengusung Ketumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk menjadi calon presiden (capres).

"Kalau kami waktu itu pernah berkuasa 10 tahun menyiapkan Pak SBY, tentu ke depan kami mempersiapkan kader terbaik kami untuk ke depan. Siapa yang sekarang? Yang sekarang memimpin partai, Mas Agus Harimurti Yudhoyono," ujar Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat, Hinca IP Panjaitan di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Jakarta Selatan (Jaksel), Kamis (14/10/2021).

Baca Juga: Mimpi Partai Ummat Dapat Posisi 3-5 Besar di Pemilu Dinilai Ketinggian

1. Hinca sebut komunikasi politik masih dilakukan

Demokrat Siap Usung AHY Maju di Pilpres 2024Hinca IP Pandjaitan, Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat (IDN Times/Sachril Agustin)

Mantan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat ini menjelaskan bahwa partainya belum menentukan sikap terkait koalisi partai di Pemilu 2024 mendatang. Hinca menyampaikan bahwa komunikasi politik terus dilakukan.

Hinca juga menegaskan bahwa koalisi dilakukan bila parpol-parpol yang ada memiliki visi dan misi sama dengan Demokrat.

"Kalau Anda ikuti setahun terakhir, Mas AHY selalu melakukan safari itu ke semua parpol," kata Hinca saat ditanya Demorkat sudah berkomunikasi dengan parpol mana saja.

2. PKB buka kemungkinan duet Prabowo dan Cak Imin

Demokrat Siap Usung AHY Maju di Pilpres 2024ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan partainya menyambut baik kemungkinan Prabowo maju lagi. Bahkan, kata Jazilul, partainya membuka peluang memasangkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dengan Prabowo di Pilpres 2024.

"Pasangan Muhaimin–Prabowo mungkin atau Prabowo–Muhaimin dapat saja terjadi. Yang penting dapat merebut hati rakyat dan menang menerima amanat," kata Jazilul Fawaid atau Gus Jazil di Jakarta, seperti dilansir ANTARA, Selasa (12/10/2021).

Baca Juga: Partai Buruh Ingin Usung Said Iqbal Jadi  Capres di Pilpres 2024

3. Selain duet Prabowo dan Cak Imin, PKS buka kemungkinan duet Anies-Sandiaga Uno

Demokrat Siap Usung AHY Maju di Pilpres 2024Presiden PKS Ahmad Syaikhu (Dok. PKS)

Diberitakan sebelumnya, meski Pemilu 2024 masih akan digelar beberapa tahun mendatang, sejumlah nama sudah masuk dalam bursa pencapresan. PKS pun membuka peluang terkait duet Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebagai paslon di Pilpres 2024 nanti.

"Duet Anies-Sandi adalah sebuah keniscayaan," kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Syaikhu menegaskan, PKS masih mencari sosok yang tepat untuk diusung pada Pilpres 2024 nanti. Adapun usulan mengusung Anies-Sandiaga, kata Syaikhu, bukan berarti PKS bakal mengusung kedua orang tersebut.

PKS terus berkomunikasi dengan sejumlah pihak sebelum menentukan jagoannya.

"Namun saya tetap memandang, masih berjalan dinamis. Jadi komunikasi terus kami bangun, semoga ke depan sudah bisa kami dapatkan," ujarnya.

Baca Juga: Riza Patria: Pencalonan Prabowo di Pilpres 2024 Keinginan Kader

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya