Comscore Tracker

Diisukan Jadi Pengganti Azis Syamsudin, Ini Kata Adies Kadir

Golkar akan gelar rapat pleno untuk bahas pengganti Azis

Jakarta, IDN Times - Politikus Partai Golkar, Lodewijk F. Paulus diisukan akan menggantikan posisi Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR. Selain Lodewijk, nama Ketua DPP Partai Golkar, Adies Kadir juga ikut disebut-sebut sebagai calon pengganti Azis di kursi pimpinan DPR.

Menanggapi hal tersebut, Adies mengatakan bahwa dirinya masih nyaman dengan posisinya saat ini sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR.

"Haha.. saya masih nyaman di Komisi III, saya sudah sampaikan kan tadi, dan lebih banyak yang pas, yang lebih senior, masih banyak yang pas. Jadi mungkin kita berikan kesempatan pada yang senior terlebih dahulu," kata Adies di Gedung DPR/MPR Jakarta, Senin (27/9/2021).

"Kita tidak berandai-andai, jadi saya gak berandai-andai. Tapi yang pasti penugasan saya di Komisi III, di sekretaris fraksi, kemudian Ketua Bidang Hukum DPP Partai Golkar, itu juga cukup menyita waktu dan kesibukan dan saya enjoy di sana," Adies menambahkan.

Baca Juga: Golkar Minta Kasus Azis Syamsuddin Tak Dikaitkan Pemilu 2024

1. Secara pribadi, Adies ingin Lodewijk jadi Wakil Ketua DPR

Diisukan Jadi Pengganti Azis Syamsudin, Ini Kata Adies KadirIDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Adies menjelaskan semua kader Golkar punya kans untuk menjadi Wakil Ketua DPR. Untuk kader senior Golkar, sambungnya, ada Lodewijk dan Kahar Muzakir.

"Memang yang paling senior tadi pagi saya sampaikan ada pak Lodewijk, ada Pak Kahar. Memang yang paling, menurut saya pas lah, menurut saya (Lodewijk atau Kahar jadi pimpinan DPR). Tapi kan kita belum tahu menurut Ketua Umum (Airlangga Hartarto)," jelasnya.

2. Penentuan nama yang gantikan Azis ditentukan AD/ART Golkar

Diisukan Jadi Pengganti Azis Syamsudin, Ini Kata Adies KadirIDN Times/Fitria Madia

Adies menegaskan bahwa pengganti Azis Syamsudin sebagai Wakil Ketua DPR akan ditentukan oleh Airlangga. Keputusan tersebut nantinya juga akan dilakukan sesuai dengan AD/ART Partai Golkar..

"Di Golkar itu AD/ART ada yang namanya PDLT, prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela. Itu ada di AD/ART kami dan tentunya ketua umum dalam mengambil keputusan pasti tidak jauh mengacu daripada anggaran dasar rumah tangga," kata Adies.

Baca Juga: MKD Serahkan ke Golkar Soal Kursi Wakil Ketua DPR Azis Syamsudin

3. Golkar gelar rapat pleno hari ini

Diisukan Jadi Pengganti Azis Syamsudin, Ini Kata Adies KadirIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lebih lanjut, Adies menerangkan Partai Golkar akan melakukan rapat pleno untuk membahas siapa yang akan menggantikan Azis sebagai Wakil Ketua DPR.

Politisi Golkar ini mengatakan rapat pleno diperkirakan mulai dilakukan pukul 19.30 WIB di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta. Rapat yang digelar internal ini akan dihadiri semua pengurus, baik secara langsung maupun virtual.

Namun, Adies belum memastikan kapan Golkar akan mengumumkan nama yang akan menggantikan Azis. Dia hanya mengatakan pengumuman bisa malam ini atau besok (Selasa, 28/9/2021).

"Kalau feeling saya sudah dikantongi ketua umum, jadi sudah dikantongi nama (pengganti Azis) tersebut jadi tinggal nanti malam itu disampaikan di dalam rapat pleno," ucapnya.

Lebih lanjut, Adies mengatakan rapat pleno juga akan memutuskan posisi Azis Syamsuddin di Partai Golkar. "Nanti malam juga akan diputuskan (posisi Azis di kepengurusan)," imbuh Adies.

Baca Juga: Azis Syamsuddin dan Alex Noerdin Terjerat Korupsi, Ini Sikap Golkar

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya