Diundang Acara PAN, Ridwan Kamil Ngaku Siap Diusung Jadi Capres 2024

Sekjen PAN siap dampingi Ridwan Kamil?

Jakarta, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil, mengaku siap bila diusung menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Termasuk jika diusung dari Partai Amanat Nasional (PAN)

"Jadi 2024 di mana takdir saya jemput, tidak jadi tidak masalah. Tapi kalau ada sebuah pintu terbuka, misalnya dari PAN, saya bismillah," ucap Emil, tertawa, saat berbicara di acara Workshop Nasional DPP PAN, yang disiarkan di kanal YouTube PAN TV, Rabu (5/10/2021).

"Tapi kalau tidak, tidak juga masalah, kira-kira begitu. Karena Allah yang akan tentukan," dia menambahkan.

Baca Juga: Anies Jauh-Jauh ke Bali Ikut Acara PAN, Cari Kendaraan Pilpres 2024?

1. Ridwan Kamil ngaku sedang cari partai

Diundang Acara PAN, Ridwan Kamil Ngaku Siap Diusung Jadi Capres 2024Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat berbicara di acara Workshop Nasional DPP PAN, Rabu (6/10/2021). (youtube.com/PAN TV)

Ridwan Kamil bercerita, ibunya pernah memberi nasihat agar dia mengisi 'ruang kosong'. Awalnya, dia tak mengerti maksud ibunya. Namun sekarang dia memperkirakan maksud 'ruang kosong' itu adalah dirinya bisa menang hingga menjadi wali kota Bandung dan gubernur Jawa Barat. Karena ada kekosongan jabatan, yakni pejabat sebelumnya sudah menjabat dua periode.

"Ikhtiar dilakukan, doa dipanjatkan, mudah-mudahan oleh takdir Allah, saya hadir ke sini Pak Zul (Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan) menyaksikan, Pak Sekjen (Eddy Soeparno), saya sudah diperintah ibu saya untuk memilih partai. Jadi saya sedang diistikharah selama setahun. Siapa tahu dengan aura yang positif ini, mudah-mudahan ada perjodohan-perjodohan yang pasti saya akan putuskan, kira-kira begitu," ucap dia.

2. Sekjen PAN siap jadi pasangan Ridwan Kamil

Diundang Acara PAN, Ridwan Kamil Ngaku Siap Diusung Jadi Capres 2024Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat berbicara di acara Workshop Nasional DPP PAN, Rabu (6/10/2021). (youtube.com/PAN TV)

Usai Ridwan Kamil berbicara, Sekjen PAN Eddy Soeparno mengambil alih acara. Eddy pun bercanda dengan mengatakan siap menjadi pasangan Ridwan Kamil pada Pilpres 2024.

"Dan Kang Emil, kalau kamu membutuhkan pasangan di 2024, yang di situ, ada di foto  itu, siap untuk mendampingi," ucap Eddy sambil tertawa dan menunjuk gambar Eddy dan Ridwan Kamil di layar besar.

Baca Juga: Anies Baswedan Berada di Bali Hadiri Acara PAN

3. Anies Baswedan juga datang ke acara PAN

Diundang Acara PAN, Ridwan Kamil Ngaku Siap Diusung Jadi Capres 2024Gubernur DKI Jakarta, anies Baswedan hadir di acara Workshop Nasional DPP PAN pada 3-6 Oktober 2021 (capture YouTube PAN TV)

Sebelumnya, PAN menggelar acara Workshop Nasional DPP PAN di Bali. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga datang ke acara yang digelar pada 3-6 Oktober 2021. Saat moderator memperkenalkan Anies, kader PAN memberi tepuk tangan meriah.

"Kemudian yang kami hormati, saudaraku Gubernur DKI Jakarta, tepuk tangan yang luar biasa buat saudaraku, Anies Rasyid Baswedan," ujar moderator. Anies pun membalasnya dengan salam namaste, seperti dilihat di YouTube PAN TV, Senin (4/10/2021).

Zulkifli Hasan mengatakan, PAN memang sering mengadakan acara di Bali. Dia mengakui tanah Dewata menjadi salah satu daerah terdampak COVID-19. Zulkifli pun berharap acara workshop ini bisa mendukung kegiatan di Bali.

Dalam sambutannya, Zulkifli mengatakan, Anies sudah berada di Bali satu hari sebelum acara berlangsung. Menteri Kehutanan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu pun berterima kasih kepada Anies.

"Pak Gubernur, Pak Anies Rasyid Baswedan, terima kasih sudah hadir. Beliau ini hadir mulai semalam, akan mengisi acara nanti setelah Pak Hatta dan Mas Tris. Artinya, satu hari penuh meninggalkan tugas di Jakarta yang begitu banyak, oleh karena itu, Pak Gubernur pastilah menganggap acara kita ini penting, sekaligus dekat sama kita," ujar Zulkifli, yang dibalas Anies dengan salam namaste. Tepuk tangan pun kembali bergemuruh.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya